Empat Hal ini Menjadi Pertimbangan Sultan Agar Pemudik Isolasi Diri 14 Hari

2. Pemudik Bawa Benih Virus ke DIY

Sultan HB X mengakui, dengan aktivitas seperti ini, pihaknya takut pemudik membawa benih virus karena DIY masih dinyatakan zona hijau mengingat virus Koronanya merupakan impor dari daerah lain bukan transmisi lokal. Artinya warga DIY yang pergi keluar pulangnya sakit, tidak ada warga di DIY yang terkena Covid-19 murni
dari dalam tetapi merupakan kasus impor.

“Kami sepakat pokoknya semua yang datang dari luar begitu sampai di DIY wajib mengisolasi diri selama 14 hari. Dari 14 hari itu, Bintara Pembina Desa (Babinsa), Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas), lurah, dukuh yang relatif tahu warganya untuk mendata dan memeriksa proses untuk diketahui apakah negatif atau positif penyakitnya,” ungkapnya.

Raja Kraton Yogyakarta ini berharap, meskipun jumlah ODP naik tinggi, untuk kepastian positif/negatif atau penularan Covid-19 bisa dikontrol di DIY. Sebab tidak mungkin melarang warga yang sebelumnya bekerja atau mencari nafkah di Jakarta atau Jawa Barat yang ingin kembali atau pulang ke rumahnya sendiri, sehingga yang penting bisa mengontrol dan mengatasinya.

BERITA REKOMENDASI