Empat Wanita Jawa Ini Cantiknya Kebangetan, Nomor Tiga Bikin Pria Rela Melakukan Apa Saja

Editor: Ivan Aditya

1. Roro Mendut

Roro Mendut pernah hidup sekitar abad ke-17 atau kurang lebih pada tahun 1600-an ketika zaman Kesultanan Mataram. Saat itu, kerajaan yang kini bernama Kraton Yogyakarta tersebut menguasai hampir seluruh wilayah tanah Jawa.

Guna memperluas wilayahnya, daerah-daerah di pesisir utara Jawa pun dirambah. Salah satu wilayah yang ingin dikuasai saat itu yakni Kadipaten Pesantenan yang kini bernama Kabupaten Pati, masuk ke dalam wilayah Propinsi Jawa Tengah kini. Dalam tugas tersebut diutuskan salah seorang panglima tangguh berpangkat Tumenggung bernama Wiroguno untuk berangkat berperang menguasai Kadipaten Pesantenan.

Kadipaten Pesantenan ini bukanlah wilayah yang memiliki kekuatan perang tangguh sehingga tidak butuh waktu lama bagi Tumenggung Wiroguno untuk menguasainya. Tak dalam hitungan minggu, Pati berhasil dikuasai Tumenggung Wiroguno.

Sebagai tanda takluknya Pesantenan, adipati setempat menyerahkan upeti berupa harta benda kepada Mataram berikut juga menyerahkan putri angkatnya yang cantik jelita bernama Roro Mendut. Gadis cantik ini kelahiran Desa Trembagi Pati yang sudah sejak kecil diasuh oleh Sang Adipati Pesantenan.

Diboyonglah Roro Mendut ke Mataram dan harta benda perang yang lainnya. Di Mataram, Roro Mendut tinggal di lingkungan istana. Rencananya gadis ini akan dipersunting sendiri oleh Wiroguno jika usia Roro Mendut telah matang nantinya.

BERITA REKOMENDASI