Empat Wilayah Belum Ditetapkan Sebagai Kecamatan Inklusi

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Dari total 14 kecamatan di Kota Yogya, tinggal empat kecamatan yang belum dicetuskan sebagai kecamatan inklusi. Dinas Sosial Kota Yogya memastikan, maksimal tahun 2021 seluruh kecamatan sudah dinyatakan inklusi. Empat kecamatan yang belum ditetapkan sebagai kecamatan inklusi ialah Kecamatan Gondomanan, Ngampilan, Pakualaman dan Mergangsan.

"Tahun depan target kami dua kecamatan dulu. Sedangkan dua kecamatan sisanya di tahun 2021. Kami tidak ingin sekadar menumbuhkan, melainkan harus ada keberlanjutan sehingga pendampingannya harus betul-betul dilakukan," jelas Kepala Dinas Sosial Kota Yogya Agus Sudrajat.

Baca juga :

Pemkot Yogya Kaji Pembangunan Sekolah Wilayah Selatan
Ditinggal Kencing, Mobil Pickup 'Nyemplung' Sungai Gajah Wong

Kecamatan inklusi pertama kali digulirkan sejak tahun 2017. Kecamatan yang sudah ditetapkan sebagai kecamatan inklusi harus memiliki forum yang beranggotakan stakeholder yang memiliki kepedulian terhadap penyandang disabilitas.

Pihaknya mendorong, forum inklusi di kecamatan tersebut juga mampu aktif dalam musrenbang agar kebutuhan penyandang disabilitas dapat dipenuhi dengan tepat sasaran. Agus menambahkan, Kota Yogya saat ini sudah memiliki Perda 4 Tahun 2019 terkait pemenuhan hak penyandang disabilitas.

Di dalamnya terdapat 22 hak disabilitas yang harus dipenuhi, antara lain hak berbicara, memperoleh pekerjaan, akses layanan publik, layanan kesehatan dan lainnya. "Secara bertahap, semua hak tersebut akan kami penuhi. Kami sudah menyusun rencana aksi daerah bersama Komite Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas Kota Yogya," katanya. (Dhi)

BERITA REKOMENDASI