Enam Kali Berturut-turut, Yogya Kembali Sabet Kota Peduli HAM

YOGYA, KRJOGJA.com – Kota Yogya kembali menyabet penghargaan sebagai Kota Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) dari Kementerian Hukum dan HAM RI. Penghargaan tersebut merupakan yang keenam kalinya berturut-turut sejak pertama kali diterima pada tahun 2013.

Walikota Yogya Haryadi Suyuti mengatakan, keberhasilan Pemkot Yogya mendapatkan penghargaan Kota Peduli HAM karena dianggap telah memenuhi kriteria di antaranya hak atas kesehatan, hak atas pendidikan, hak atas perumahan yang layak, hak perempuan dan anak, hak atas kependudukan, hak atas pekerjaan, dan hak atas lingkungan yang berkelanjutan.

"Tujuh kriteria penilaian ini bisa tercapai karena usaha yang dilakukan secara terus-menerus oleh seluruh OPD di lingkungan Pemkot Yogya bersama masyarakat, dunia usaha maupun lembaga nonpemerintah lainnya,” papar Haryadi, saat dikonfirmasi usai menerima penghargaan, Selasa (11/12). Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla pada peringatan Hari HAM ke-70 di Gedung Kementerian Hukum dan HAM RI Jakarta.

Haryadi mengaku, di tengah perkembangan dunia digital dewasa ini maka tantangan untuk mempertahankan predikat Kota Peduli HAM cukup berat. Oleh karena itu diperlukan sinergitas antara pemerintah, swasta dan masyarakat dalam menjadikan Yogya sebagai kota yang ramah bagi semua pihak.

Sementara Wapres RI Jusuf Kalla, mengapresiasi bagi pemerintah daerah yang telah berhasil meraih penghargaan Kota Peduli HAM. Menurutnya, pelaksanaan HAM tidak hanya berkaitan dengan penegakan hukum, tetapi juga bagaimana pemerintah dapat menjamin hak-hak lainnya.

Menteri Hukum dan HAM RI Yassona H Laoly, mengatakan penghargaan itu sebagai bentuk penghormatan, perlindungan, pemenuhan, penegakan dan pemajuan HAM. Selain itu diharapkan terjalin sinergitas antara pemerintah pusat, pemerintah daerah dan instansi vertikal di daerah. (Dhi)

BERITA REKOMENDASI