Entaskan Kemiskinan – Kesenjangan, Baznas – Pemda DIY Harus Sinergis

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Dengan kepemimpinan yang baru, Baznas DIY diharapkan bisa meningkatkan sinergitasnya dengan Pemda DIY, sehingga program-programnya bisa dilaksanakan dengan baik. Antara lain dalam meningkatkan perolehan zakat infak dan sedekah serta dana sosial keagamaan lain (DSKL). Juga dalam turut serta mengentaskan masyarakat DIY dari kemiskinan dan kesenjangan ekonomi.

“Baznas DIY jangan berjalan sendiri. Harus ada sinergi dengan jajaran Pemda DIY, khususnya Biro Bina Mental Spiritual Setda DIY dan jajaran lain, misalnya Bappeda untuk mendapatkan data kemiskinan. Apa yang sudah dilakukan Plt kemarin sudah bagus,” kata Plt Kepala Biro Bina Mental Spiritual Setda DIY, H Maladi SH pada acara Serah Terima Amanah dari Plt Pimpinan Baznas DIY Periode 2021 kepada Pimpinan Baznas DIY periode 2021-2026.

Sebelum melakukan penandatangan berita acara, Plt Pimpinan Baznas DIY Drs H Muklas MSi menyerahkan dokumen memori kepada Ketua Baznas DIY Dra Hj Puji Astuti MSi. Dalam sambutannya, Drs Muklas menjelaskan, selama 5 bulan menjabat Plt, sudah banyak yang dilakukan, antara lain dalam penghimpunan memperoleh Rp 4.998.750.230 sedang penyaluran mencapai Rp 4.767.543.594. Sedang saldo Rp 422.920.712.

“Saya kira selama lima bulan mengisi kekosongan masih banyak yang belum bisa dilakukan. Saya yakin pimpinan Baznas definitif bisa melakukan lebih banyak lagi,” katanya.

Acara juga dihadiri Kepala Kanwil Kemenag DIY, Drs H Edhi Gunawan, Plt Kabid Penais Zawa Nur Rochman, dan Kepala Bagian Kebijakan Bina Mental dan Sarana Keagamaan Biro Bina Mental Spiritual, Djarot Margiantoro. Hadir juga Mamba’ul Bahri dan Cahyono, serta jajaran pimpinan Baznas DIY yang baru, yaitu Dr H Jazilus Sakho, Dr Munjahid, Drs Nursya’bani Purnama dan Ahmad Lutfi.

Kakanwil Kemenag DIY Drs H Edhi Gunawan mengucapkan selamat bertugas mengemban amanah kepada para pimpinan Baznas DIY yang pada 2 Juni lalu dilantik oleh Wakil Gubernur DIY Sri Paku Alam X. Diharapkan kiprahnya memberi manfaat besar bagi masyarakat DIY. (Ira)

BERITA REKOMENDASI