Ernest Prakasa Bagi Rahasia Cara Bikin Film Laku Keras, Penasaran?

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Standup Comedian yang juga sutradara dan produser, Ernest Prakasa menjadi salah satu sosok terbilang sukses di dunia perfilman Indonesia setelah film Cek Toko Sebelah meledak di layar bioskop beberapa tahun lalu. Selain cerita kuat, ternyata Ernest punya strategi promosi menarik melalui media sosial dan luring.

Ernest menjelaskan salah satu tahap terpenting dalam sebuah produksi film adalah tahap promosi. Mempromosikan film menurut dia sejalan dengan pembuatan film, dimulai dari tahap pra-produksi hingga pasca- produksi sehingga membutuhkan strategi promosi terencana untuk mendapatkan target pasar yang tepat.

“Tapi emang dalam penerapannya mempromosikan sebuah film itu tidak mudah. Bagaimana tim produksi film harus lebih kreatif dan aktif dalam mengenalkan film tersebut ke target pasarnya. Untuk mempromosikan film, kita harus tahu bedanya Marketing vs Sales, bagaimana membuat calon penonton berminat dulu baru mengubah minat tadi menjadi aksi nyata. Jadi untuk membangun image dan menciptakan awareness pada fase promosi, kalau kita mikirnya jauh, udah paham elemen apa yang mau ditonjolin sebagai unique selling point bahkan sejak proses produksinya, baik untuk film mainstream maupun independen (indie),” ungkap Ernest dalam Rangkaian kegiatan Cerita Sinema Workshop persembahan Samsung Galaxy Movie Studio 2020 (GMS 2020) bersama Festival Film Indonesia (FFI), Selasa (1/12/2020).

Ernest menceritakan, meski saat ini peradaban manusia berada di era digital namun offline activation masih sama pentingnya dengan promosi online. Promosi media sosial menurut dia tetap dieksplor dengan berbagai konten dan cara sekreatif mungkin dan konsep terencana.

BERITA REKOMENDASI