Ershi, Berkawan Lebih dari Saudara

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Ikatan persaudaraan orang-orang yang memiliki kesamaan profesi dirasa sangat perlu untuk meningkatkan kinerja. Berdasar kesepahaman bersama dan komitmen yang sama, sebuah komunitas yang bisa memberikan manfaat secara internal maupun bagi masyarakat luas.

Berdasar pemikiran seperti itulah, sekempulan anggota polisi yang terdiri dari pada bintara membuat komunitas bernama Ershi. Komunitas tersebut berusaha mempersatukan anggota polisi dari pendidikan pertama bintara (Dikmaba) Polri tahun 2001 (angkatan 20), yang merupakan ‘ikatan’ persaudaraan cukup kuat.

Jargon yang mereka miliki adalah berkawan lebih dari saudara. Nama Ershi yang sebenarnya berasal dari bahasa Mandarin yang artinya 20, bermakna bahwa anggota Ershi merupakan lulusan Dikmaba Polri se-Indonesia angkatan 20 tahun 2001.

Ketua Ershi Yogyakarta Ipda Arif Saifudin SH MM didampingi Aipda Mujiyono kepada KRJOGJA.com Jumat (24/07/2020) menyampaikan mengenai logo Ershi dimana tercantum gambar tiga bintang yang bermakna Tri Brata (pedoman hidup Polri). Kemudian gambar tangkai padi kiri dan kanan menggambarkan padi merupakan filosofi bangsa Timur, semakin berisi semakin merunduk. “Semakin orang berilmu, maka yang bersangkutan harus bersahaja,” ucapnya.

Arif Saifudin mengungkapkan masyarakat akan menaruh rasa hormat kepada anggota polisi yang benar-benar mengemban sebagai pelayan, pelindung, dan pengayom masyarakat. Sehingga jika ada anggota polisi yang berperilaku tidak terpuji, semisal menyakiti rakyat tentu anggota yang bersangkutan perlu ‘dievaluasi’ keberadaannya.

“Sebagaimana logo pangkat Brigadir yang kita sandang, anggota Ershi merupakan Brigadir polisi yang berasal dari masyarakat dan wajib mengabdikan diri kepada masyarakat,” ungkapnya.

BERITA REKOMENDASI