Evaluasi OPD Tak Lagi Tiap Semester

YOGYA, KRJOGJA.com – Proses evaluasi dan penilaian kinerja organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Yogya tidak akan lagi dilakukan tiap semester. Melainkan ditingkatkan hingga per caturwulan atau tiga kali dalam setahun.

Wakil Walikota Yogya Heroe Poerwadi, mengungkapkan peningkatan evaluasi tersebut sebagai bagian dari upaya kontrol, penilaian, dan evaluasi atas capaian program dari tiap organisasi perangkat daerah. “Mulai tahun ini akan diberlakukan pemberian rapor tiga kali dalam satu tahun. Sebelumnya, memang ada pemberian rapor tetapi hanya sekali setahun atau tiap semester,” jelasnya, Kamis (3/2/2022).

Rapor yang akan diberikan ke tiap OPD berisi setidaknya empat indikator penilaian yaitu capaian fisik, serapan anggaran, capaian indikator sasaran, dan capaian indikator program. Menurutnya, dengan diberikan tiap empat bulan sekali maka pemantauan atas kinerja tiap organisasi perangkat daerah bisa dilakukan lebih baik.

Dengan begitu diharapkan mampu memastikan setiap organisasi perangkat daerah merealisasikan seluruh target atau rencana yang sudah disusun. Jika seluruh organisasi perangkat daerah di Pemkot Yogya dapat memenuhi target kinerja yang sudah direncanakan, maka akan memberikan pengaruh positif terhadap capaian kinerja pemerintah daerah secara keseluruhan.

BERITA REKOMENDASI