Exit Tol Yogya-Bawen Harus Untungkan Warga DIY

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – DIY mendapat jatah dua exit tol untuk Tol Yogya-Bawen. Pemda DIY diharapkan bisa maksimal menggarap potensi yang ada untuk mendongkrak ekonomi warga masyarakat DIY.

Wakil Ketua Komisi C DPRD DIY, Gimmy Rusdin meminta Pemda DIY untuk memfasilitasi pembangunan exit tol yang mengarah pada kemakmuran masyarakat sekitar. Dewan memahami bawasanya alokasi dana pembangunan tol Yogya-Bawen seluruhnya berasal dari pusat namun, menurut Gimmy tak ada salahnya Pemda DIY berupaya maksimal untuk mendukung naiknya perekonomian warga.

“Bisa kemudian dikawal pembangunan rest areanya dan untuk warga membuka usaha. Kami nilai sangat perlu dikawal, agar nantinya warga benar-benar menerima manfaat adanya tol yang melintasi wilayah mereka,” ungkapnya saat bincang media di DPRD DIY, Jumat (5/3/2021).

Pembangunan tol Yogya-Bawen yang sudah menyelesaikan pembebasan lahan masyarakat ditargetkan selesai pada 2023. Tol ini melintasi tujuh kalurahan di tiga kapanewon di Kabupaten Sleman yakni Kalurahan Banyurejo, Tambakrejo dan Sumberejo Kapanewon Tempel, Margokaton, Margodadi dan Margomulyo Kapanewon Seyegan serta Tirtoadi Mlati.

“Di DIY tol Yogya-Bawen akan melintasi 8,7 kilometer dan dari keseluruhan tiga titik exit tol yang akan dibangun, dua diantaranya ada di wilayah DIY. Kami dari Komisi C akan kawal juga bagaimana tol yang lain bisa membawa kemanfaatan untuk warga,” pungkas Gimmy. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI