FAI Berdakwah Melalui Prestasi dan Karya

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Sepanjang tahun 2020, Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) meraih banyak prestasi dan melakukan lompatan kemajuan yang pesat sekali.

“Saya sebagai Dekan FAI-UAD tentu bangga dengan mahasiswa FAI yang memiliki prestasi akademik dan nonakademik dari level nasional hingga internasional,” ujar Dr H Nur Kholis MAg, Dekan FAI-UAD kepada KRJOGJA.com, Kamis (31/12/2020).

Menurut Nur Kholis, menjadi juara atau berprestasi adalah tradisi UAD dan berdakwah melalui karya adalah gaya FAI. “Kami akan selalu memberikan dukungan kegiatan positif apapun yang dilakukan mahasiswa. Mahasiswa FAI tanpa kami dorong-dorong untuk produktif selama pandemi sudah melangkah sendiri. Tahu-tahu ada kabar bahagia, kemenangan dan prestasi di sana-sini,” ucapnya.

Nur Kholis menyebutkan kabar bahagia itu, mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Arab menjadi Juara 2 dalam 4th Arabic Short Video Competition. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh ICESCO Education Center di Malaysia, Selangor International Islamic University College (KUIS) bekerja sama dengan Divisi Pendidikan Islam, Kementerian Pendidikan Malaysia (BPI KPM).

Kompetisi ini merupakan kompetisi internasional se-Asia yang diperuntukkan untuk siswa SMA/MAN/SMK sederajat, mahasiswa, dan masyarakat umum internasional. Pendaftaran dan proses submit video dilakukan sejak tanggal 1 Oktober 2020 – 15 November 2020. Pengumuman diumumkantanggal 18 Desember 2020 bertepatan dengan peringatan Hari Arab Sedunia oleh Kementerian Pendidikan Malaysia melalui Facebook dan Youtube.

Kabar lain, mahasiswa Prodi PBS Juara 1 E-Sport Mobile Legends OCELOT 2020 tingkat nasional yang diikuti oleh 11 tim dan diselenggarakan secara daring. Kegiatanberlangsung tanggal 13 Desember 2020 dan 19 Desember 2020 di FEBI UIN Antasari Banjarmasin.

Lomba ini diselenggarakan oleh HMJ Perbankan Syariah UIN Antasari Banjarmasin dan diikuti berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Babak final sempat mempertemukan tim FAI UAD dan tim UIN Antasari Banjarmasin dengan kemenangan Juara 1 diraih oleh tim dari FAI UAD.

Mahasiswa bernama Agidio Anugerah Ditama, mahasiswa program studi Ilmu Hadis berhasil menjadi juara 1 pada Lomba Fotografi yang diselenggarakan dalam Milad UAD ke-60. Ajang Lomba Karya Mahasiswa UADtersebut terdiri dari beragam cabang perlombaan, diantaranya lomba fotografi, pembuatan video pendek, membuat konten media sosial seperti instagram dan Tiktok, dan lain sebagainya.

Peserta dalam perlombaan ini adalah seluruh mahasiswa aktif di lingkungan Universitas Ahmad Dahlan. Lomba diselenggarakan di bulan November 2020, dan para pemenang lomba diumumkan pada hari Ahad, tanggal 27 Desember 2020 dengan juara pertama diraih oleh Agidio.

Kabar keberhasilan lain, Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam (MPAI) berhasil meraih peringkat A dalam Akreditasi yang dilaksanakan oleh BAN-PT. Setelah dilakukan assesmen lapangan secara daring pada tanggal 20-21 November 2020, prodi MPAI mendapat hasil menggembirakan sesuai Surat Keputusan BAN PT No. 7854/SK/BAN-PT/Akred/M/XII/2020 tanggal 2Desember 2020 yakni mendapat peringkat A.

Nur Aziizah, mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Arab (BSA) Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) angkatan 2018 menjadi perwakilan DIY-Jateng dalam ajang pemilihan Putera Puteri Pendidikan Indonesia 2020. Kontestasi bergengsi di bidang pendidikan tersebut berlangsung pada 8-10 Oktober 2020 di Bandung, diikuti oleh putera puteri perwakilan dari setiap provinsi se-Indonesia.

“Ajang tersebut bukan ajang yang hanya menyeleksi paras wajah saja, tetapi juga unjuk kebolehan dari aspek intelektual terkait pemahaman terhadap isu-isu terkini di Indonesia,” ujarnya.

Disebutkan pula, mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) UADsekaligus aktivis Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) yakni Haryono Kapitang, menerbitkan buku Teologi Kemenangan (Semesta Ilmu, 202). Karya tersebut merupakan buku individu perdana dari mahasiswa yang diterbitkan oleh penerbit noninternal.

Haryono dalam melaunching buku perdananya secara online melalui medsossejak November dan mendapat respons positif dari warga UAD maupun masyarakat. “Haryono menyatakan dirinya terinspirasi oleh sejumlah dosen di Prodi PAI untuk menerbitkan buku ini dan prestasi di sana sini.” tandasnya. (Jay)

BERITA REKOMENDASI