Fakta Sujud Kendang, Sempat Dikabarkan Meninggal hingga Berjuang Melawan Batu Empedu

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Kabar duka itu akhirnya tiba juga, Senin (15/1/2018) siang. Insan seni dan warga-warga kampung di Yogyakarta akan begitu merindukan sosok seniman jalanan Sujud Kendang Sutrisno yang meninggal dunia di RSUD Wirosaban Yogyakarta siang tadi. 

Kabar berpulangnya Sujud memang bukan kali ini saja menyebar pada masyarakat. 13 September 2017 lalu, Sujud juga sempat dikabarkan meninggal meski kemudian tidak benar. 

Kala itu KRjogja.com langsung menyambangi Sujud di kediaman yang berada di RT 15 RW 11 Badran untuk memastikan hal tersebut. Sujud bersama istri pun saat itu hanya bisa menebarkan senyum sumringah karena ternyata masih begitu banyak pihak menaruh perhatian pada kondisi Sujud. 

Almarhum yang berusia 64 tahun ini selama beberapa tahun terakhir memang sedang berjuang melawan penyakit Batu Empedu yang dideritanya. Cek up ke rumah sakit dengan mengandalkan BPJS Kesehatan menjadi rutinitas yang dilakukan Sujud bersama Mami Sumaryati, istrinya. 

Terakhir, 10 hari sebelum meninggal Senin (15/1/2018) hari ini, almarhum Sujud sempat dirawat di rumah sakit untuk menyembuhkan penyakit Batu Empedu. Ia baru saja menjalani operasi yang sebenarnya sempat dinyatakan berhasil meski kemudian kondisinya menurun dan meninggal dunia. 

Ketua RT setempat Beni Tri Yuwono ketika ditemui KRjogja.com sempat menyampaikan selama 10 hari di rumah sakit, Sujud sebenarnya sedang dalam posisi menanti untuk dilakukan operasi. Menanti dokter dan menunggu kondisi maksimal menjadi alasan cukup lamanya pelantun lagu medley Mata Indah Bola Pingpong berada di rumah sakit. 

“Kemarin katanya sempat menunggu dokter untuk operasi jadi cukup lama di rumah sakit. Kami warga juga mendengar kemarin jahitannya sempat lepas jadi harus ditangani lebih lanjut,” ungkapnya. 

Jenazah Sujud disemayamkan di rumah duka kawasan Badran dan menurut rencana akan dimakamkan tak jauh dari kediamannya Selasa (16/1/2018) esok. 

'Sugeng tindak' Pak Sujud….(Fxh)

BERITA REKOMENDASI