FE USD Gelar Workshop Penulisan Artikel di Media Massa

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma (FE USD) menyelenggarakan workshop penulisan artikel di media massa bagi dosen dan mahasiswanya (Rabu, 21/07/21).

Workshop daring melalui Zoom tersebut menghadirkan nara sumber Dr. Y. Sri Susilo (Dosen FBE UAJY dan penulis opini). Peserta yang hadir dalam kegiatannya tersebut mencapai 30 peserta. Sasaran dari workshop ini khususnya bagi dosen dan mahasiswa yang belum pernah menulis di media massa.

“Menulis termasuk di media massa merupakan salah satu bagian dari kegiatan dari dosen”, tegas T. Handono Eko Prabowo, MBA, Ph.D (Dekan FE USD).

Handono mengajak dosen dan mahasiswa FE USD untuk mencoba menulis artikel, misalnya opini, di media massa. Bagi yang pernah menulis, kegiatan workshop ini sebagai penyegaran kembali. “Dari workshop ini juga diharapkan mengahsilkan beberapa artikel opini yang nantinya dapat dicoba untuk dikirim ke media cetak atau online”, harap Handono.

“Menulis artikel opini harus dimulai dari niat dari diri sendiri”, tegas Susilo selaku narasumber. Di samping niat, harus disertai juga dengan kemauan untuk bertanya dan belajar dari rekan atau kolega yang pernah menulis opini.

Menurut Susilo, niat disertai bertanya dan belajar itu yang menjadi modal dasar bagi siapa saja yang belum pernah menulis opini di media massa. Selanjutnya Susilo juga memberikan “tip dan trik” atau kiat untuk menyusun artikel opini. Kiat termaksud antara lain:

Pertama, ide opini dapat dicari dari isu-isu yang terkini yang sedang hangat atau “head line” dari media massa. Topik juga dapat bersumber dari momentum peringatan misalnya Lebaran, Hari Kperasi dan sebagainya. Kedua, judul opini harus dibuat menarik dan singkat (1-4 kata).

USD

BERITA REKOMENDASI