FEB UAD Gelar Pelatihan dan Uji Sertifikasi Kompetensi Manajer Koperasi

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan Pelatihan dan Uji Kompetensi Skema Manajer Koperasi di Lab kampus 1 UAD, Jalan Kapas, Semaki, Yogya, Rabu (09/09/2020). Kegiatan yang berlangsung hingga 25 September tersebut dibuka Dyah Fitriyani SE MM selaku Kaprodi Manajemen FEB-UAD dipandu Deny Ismanto MM.

Dyah Fitriyani dalam sambutan mengatakan, Pelatihan dan Uji Kompetensi Skema Kepala Cabang/Manajer Koperasi untuk meningkatkan daya saing mahasiswa di era disrupsi. “Pelatihan dan Uji Kompetensi berdasarkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia/SKKNI,” ucapnya.

Nantinya, setiap mahasiswa yang lulus uji kompetwnsi akan mendapatkan sertifikat kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang teknis pelaksanaan uji diselenggarakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi UAD. Dikatakan Dyah Fitriyani, sertifikasi profesi ini juga telah diamanatkan dalam Permentistek Dikti nomor 59 Tahun 2018 tentang ijazah, sertifikat Profesi, gelar, tata cara penulisan gelar di perguruan tinggi, yakni lulusan PT juga berhak mendapatkan sertifikasi kompetensi selain ijazah dan gelar.

Sedangkan Bagus Gumelar SE MM, Ketua Pelaksana Pelatihan dan Uji Kompetensi mengatakan, sebelum 100 mahasiswa mengikuti uji kompetensi, mahasiswa harus menempuh mata kuliah Manajemen Koperasi, Baitul Maal Wat Tammwil (BMT) dan Pelatihan Kompetensi. Pelatihan berlangsung 2 gelombang dengan melibatkan 100 mahasiswa Prodi Manajemen UAD. “Harapan kami Sertifikat Kompetensi menjadi nilai tambah dan keunggulan kompetensi bagi mahasiswa di dunia kerja dalam meniti karier,” ucapnya.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Muhammad Ali Fikri MSc, Anggrahita SE dan Dr Fatwa Tentama MPsi. Ditambahkan Bagus Gumelar, Pelatihan meliputi materi prinsip-prinsip pengelolaan organisasi dan manajemen koperasi jasa keuangan, menganalisis program kerja dan rencana anggaran.

Selain itu, mengamankan aset dan intrastruktur, membangun kemitraan, negosiasi, motivasi. Diberikan pula materi melakukan kontrak pinjaman, pembiayaan dan pengikatan agunan. (Jay)

UAD

BERITA REKOMENDASI