Festival Alun-Alun Kidul 2016 Digelar 12-13 Agustus

YOGYA (KRjogja.com) – Festival Alun-Alun Kidul tahun 2016 dengan tema 'Guyub Rukun Gayeng Alun-Alun Kidul' siap digelar 12-13 Agustus besok. Beberapa lomba seperti Masangin dan Mobil hias akan dilaksanakan selama dua hari tersebut.

Sekretaris Dinas Pariwisata DIY Rus Sutikno SH MM dalam temu pers di kantoe Dinas Pariwisata DIY Kamis (11/8/2016) mengatakan festival tersebut bertujuan mendatangkan wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Festival yang telah digelar dua kali sejak 2015 ini diharapkan bisa semakin memperkenalkan Alkid sekaligus budaya yang ada di kawasan tersebut.

"Tahun lalu banyak wisatawan asing yang ikut lomba Masangin dan meriah sekali. Hal inilah yang akhirnya membuat kami memutuskan untuk menggelar kembali di tahun 2016," ungkapnya.

Pada penyelenggaran kali ini Dinas Pariwisata mempersiapkan total hadiah Rp 27 juta untuk pemenang Lomba Masangin dan mobil hias yang selama ini memang dikenal ada di Alun-Alun Selatan. "Kita ingin mengapresiasi kreatifitas masyarakat pelaku pariwisata yang ternyata juga inisiator mobil hias di wilayah Indonesia," imbuhnya.

Di festival kali ini pihak penyelenggara dari Semar Production memastikan akan membawa beberapa pengisi acara yang sudah cukup familiar untuk masyarakat Yogyakarta diantaranya Jikustik dan Danger Estrella. Mereka akan tampil bergiliran bersama kesenian budaya seperti Tarian Golek Ayun-Ayun dan Wayang Kampung Sebelah.

"Festival akan kita mulai Jumat besok pukul 18.00 WIB dan siapapun bisa ikut lomba Masangin, kita akan akomodasi sebanyak mungkin peserta karena target kita lebih dari 600 orang. Harapan kami semakin banyak wisatawan datang ke Alkid dan kegiatan pariwisata di kawasan tersebut semakin maju," ungkap Agung Widodo penyelenggara acara. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI