Festival Budaya Prawirotaman Sita Perhatian Turis Manca

YOGYA, KRJOGJA.com – Jalan Prawirotaman yang selama ini dikenal sebagai salah satu lokasi hunian wisatawan saat berada di Yogyakarta mendadak jauh lebih ramai dari biasanya Sabtu (15/7/2017) sore. Wisatawan yang didominasi oleh pelancong mancanegara terlihat antusias berdiri di sepanjang jalan tersebut.

Ternyata mereka menantikan kirab budaya dalam rangka Festival Budaya Kampung Prawirotaman ke-4 yang dipuncakkan sepanjang hari ini. Tak kurang 12 kelompok yang terdiri dari bregada, kesenian jathilan hingga costplay pejuang kemerdekaan turut dalam kirab yang akan berakhir di Panggung Krapyak.

Yang tak kalah menarik, hampir di sepanjang Jalan Prawirotaman para turis asing tampak berjar antusias menyaksikan parade yang telah keempat kali diselenggarakan ini. Kamera dan gawai tak lepas dari genggaman tangan untuk diarahkan pada peserta kirab yang menjadi objek bidikan.

Tak berhenti di situ saja, selepas kirab para turis mulai panas dan berbaur bersama warga Prawirotaman mengikuti senam poco-poco bersama. Mereka tampak asyik dan menikmati acara tersebut layaknya di rumah sendiri.

Rina Indarti salah satu panitia acara mengungkap sengaja mengajak para turis untuk berbaur bersama warga masyarakat. Kedekatan dan keramahan inilah yang menjadi ciri khas Prawirotaman yang bakal terus dipertahankan kedepan.

"Ciri khas Kampung Prawirotaman ini adalah kekeluargaan, biarkan turis merasa seperti dirumah sendiri. Nanti malam bakal ada pentas angguk dan live music di mana kami akan ajak wisatawan asing ini berbaur dan bergembira bersama," ungkapnya.

Ruse Sutikno, Sekretaris Dinas Pariwisata DIY yang melepas kirab budaya mengharapkan Festival Budaya Kampung Prawirotaman bisa meningkatkan lama kunjungan wisatawan baik asing maupun domestik di Yogyakarta. "Sejak dahulu Prawirotaman ini dijuluki kampung turis, kami harapkan festival ini bisa membuat mereka semakin kerasan," harapnya.

Ruse juga mengungkap bawasanya festival di Prawirotaman ini juga membawa misi mengenalkan destinasi wisata di Yogyakarta selatan. "Malam nanti ada pagelaran wayang kulit di Panggung Krapyak, ini sangat menarik dan harapannya wisatawan bisa punya pilihan atraksi malam hari di Yogyakarta," pungkasnya.

Di festival keempat ini juga diselenggatakan fashion on the street yang mengambil halaman salah satu hotel di Prawirotaman wilayah timur. Festival ini rencanannya bakal digelat rutin setahun sekali di bulan Juli yang  menjadi puncak kunjungan wisatawan asing ke Yogyakarta. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI