Festival Nusantara di Fakultas Filsafat UGM

Editor: Ivan Aditya

YOGYA (KRjogja.com) – Laboratorium Filsafat Nusantara menyelenggarakan Festival Nusantara dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-49 Fakultas Filsafat UGM, Sabtu (03/09/2016). Kegiatan diawali lomba tari budaya nusantara tingkat SMA sederjat se-DIY dan dimeriahkan stan jajanan nusantara. Malam harinya dilanjutkan pertunjukan seni nusantara menghadirkan komunitas mahasiswa daerah di DIY.

Ketua Panitia, Farid Mustofa mengatakan, lomba tari diikuti 11 sekolah, sedangkan festival jajanan nusantara diikuti 15 stan. Pengumuman juara tari baru disampaikan saat malam kesenian. Festival nusantara dimaksudkan untuk mendekatkan para generasi muda dengan budayanya sendiri, yang saat ini mengalami krisis karakter.

"Generasi muda ini sering tidak menyadari memiliki keunggulan budaya, sehingga perlu diingatkan melalui event seperti ini," terang Farid kepada KRjogja.com disela kegaitan.

Dosen Fakultas Filsafat UGM Sindung Tjahyadi mengatakan, Yogya merupakan miniatur Indonesia, karena tempat berkumpulnya berbagai budaya nusantara yang dibawa oleh para pendatang khusunya mahasiswa yang studi di Yogyakarta. Untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap budayanya sendiri, cara paling efektif dengan terlibat secara langsung baik sebagai penari atau penikmat seni. (Dev)

BERITA REKOMENDASI