Festival Sinema Uni Eropa Hadirkan Film Terbaik dari Benua Biru

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Sebanyak 69 film terbaik dari Eropa tersaji dalam Festival Sinema Uni Eropa Tahun 2022 di IFI-LIP Sagan Yogyakarta. Dalam kesempatan tersebut, pecinta film Eropa bisa menyaksikan secara langsung pada 16-26 Juni 2022.

Tapi tidak hanya secara luring. Bagi yang tidak bisa datang langsung masih dapat melihat film terbaik tersebut secara daring melalui Festivalscope.com pada 20-30 Juni 2022.

“Festival film internasional ini merupakan yang terlama dan masih aktif di Indonesia sampai sekarang,” kata Direktur IFI-LIP Yogyakarta Francois Dabin, Minggu (26/6/2022).

Selain di IFI-LIP Yogyakarta, pemutaran juga serentak dilakukan di lima kota besar lain, yakni Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali dan Medan. Menurut Francois, semua film disajikan dalam bahasa aslinya dengan subtitle Bahasa Inggris. Film tersebut juga baru dan tayang di negara masing-masing.

“Bahkan film tersebut sudah pernah mendapatkan penghargaan di negara masing-masing. Ada juga yang mendapatkan penghargaan di festival film negara lain,” sambung Francois.

Festival Sinema Uni Eropa ini sudah masuk tahun ke-22 sejak digelar pertama pada 2001 silam. Festival ini juga jadi kesempatan berharga setiap tahun bagi pecinta film karena tidak bisa ditemukan di bioskop dan televisi Indonesia. (Feb)

BERITA REKOMENDASI