Festival Upacara Adat Pertemukan Kebudayaan Lima Daerah

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Kabupaten dan kota di wilayah DIY bakal unjuk budaya dalam Festival Upacara Adat 2019 yang digelar Dinas Kebudayaan (Disbud) DIY. Atraksi budaya yang dikemas dalam bentuk kolosal ini bakal melibatkan sekitar 450 orang, mulai dari penari hingga bregodo.

Kepala Bidang Pelestarian dan Pengembangan Adat Tradisi Lembaga Budaya dan Seni Disbud DIY, Dra Y Eni Lestari Rahayu menyampaikan festival ini merupakan agenda yang digelar rutin tiap tahunnya. Untuk tahun ini Gunungkidul bakal menjadi tuan rumah dengan kegiatan yang akan dipusatkan di Alun-alun Wonosari pada Sabtu (30/03/2019) mendatang.

“Festival upacara adat ini merupakan sebuah gelar kolosal tradisi unggulan yang hanya terdapat di DIY. Diselenggarakan sebagai upaya menjaga ekaistensi dan pemberdayaan masyarakat pelaku budaya," jelasnya, Rabu (20/03/2019).

Dalam festival ini upacara adat dikemas menjadi sebuah atraksi budaya dengan tidak mengubah nilai-nilai esensialnya. Fokusnya pada pengemasan atraksi menjadi sebuah bentuk pergelaran kebudayaan yang menarik.

Eni Lestari menyampaikan gelaran tahun ini terasa spesial karena bersamaan dengan perayaan naik tahtanya Raja Kraton Yogyakarta Sri Sultam HB X yang 30 tahun. "Hal ini sesuai dengan semboyan Raja Yogyakarta bahwa 'Tahta untuk Rakyat' bertujuan untuk kemakmuran dan kesejahteraan rakyat," tambahnya.

Penyelenggaraan festival ini menelan anggaran sebesar kurang lebih Rp 336 juta yang berasumber dari dana keistimewaan (danais). Dari anggaran tersebut nantinya akan disalurkan masing-masing Rp 50 juta kepada kabupaten dan kota guna pelaksanaan dalam mengikuti festival ini.

Gunungkidul sebagai tuan rumah festival akan menampilkan Tradisi Adat Babad Dalan Giring, Sleman bakal menyuguhkan Adat Labuhan Merapi 'Kala Murdha' dan Bantul memilih Grebeg Bakda Mangiran sebagai upacara adat andalan kabupaten ini. Sementara itu Kulonprogo akan menyajikan Upacara Adat Kuthukan Sunan Gesang, sedangkan Kota Yogyakarta tampil dengan Upacara Adat Karangkriti. (*)

BERITA REKOMENDASI