Film Abdul dan Jose Persatukan Indonesia – Timor Leste

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Abdul dan Jose, sebuah film dokumenter JAFF (JOGJA-NETPAC FILM FESTIVAL) 12th berhasil menguras emosi penonton. Film yang menggambarkan pertemuan seorang pria dengan anggota keluarga yang terpisah dalam konflik Indonesia, Timor saat itu membuat penonton terbawa emosi di Gedung Taman Budaya Yogyakarta, Selasa (05/12/2017).

Abdul sebagai tokoh utama dalam film dokumenter ini merupakan seorang warga Timor Leste yang kala itu terpisah degan keluarganya saat konflik timor dan Indonesia. Ketika masih kecil ia dibawa ke Indonesia oleh tentara dan dibesarkan di Kalimantan dan membina keluarga, hingga ia kemudian berganti nama menjadi abdul.

Pada akhirnya ia berhasil menemukan keluarga di timor leste setelah belasan tahun. Momen mengharukan pertemuan mereka membuat penonton terbawa suasana. salah satu pengunjung mengakui bahwa film ini benar-benar menguras emosi.

“Isi film ini emosional banget, karena bukan hanya soal pertemuan keluarga yang terpisah tetapi juga tentang keprihatinan kita menyadari bahwa walaupun Timor Leste lepas dari Indonesia kita masih satu rumpun, jadi kita ikut terbawa suasana di dalamnya,” ungkap Ajeng Fitri.

Film dokumenter ini berdurasi sekitar satu jam. Bahkan nampak beberapa penonton dari luar negeri yang juga ikut menikmati film dokumenter Indonesia ini. Pertemuan singkat Abdul dengan keluarga di Timor Leste menjadi akhir bahagia dalam film ini. (Nurul Wahida)

BERITA REKOMENDASI