Fitriyani Melatih Nusantara Sport Climbing

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemanjat tebing putri Fitriyani asal Sleman yang tahun 2018 lalu memperkuat Indonesia dalam pesta olahraga multi cabang Asian Games 2018, saat ini menjadi pelatih klub panjat tebing Nusantara Sport Climbing (NSC) Kota Yogyakarta. NSC yang merupakan anggota FPTI Kota Yogyakarta berdiri 28 Oktober 2019 lalu.

“Dengan demikian klub NSC Oktober 2020 lalu, baru memperingati ulangtahun yang pertama. Meski NSC usianya baru satu tahun, tapi minat anak-anak untuk bergabung dengan klub ini cukup banyak. Hingga saat ini, NSC sudah memiliki sekitar 45 atlet dari usia TK, SD hingga SMP,” ujar Fitriyani yang ditemui KR saat melatih di Wall Climbing SMAN 3 Yogya, Sabtu (14/11).

Dalam melatih klub Nusantara Sport Climbing ini, Fitriyani tidak sendiri. Dia didampingi pelatih lainnya yaitu Priska M, Sepdes Sinaga, Dwi Adi Pradana dan Lutfi Fauzi. “Dalam melatih atlet usia anak di klub NSC, kita lebih mengedepankan pembinaan pendidikan karakter. Kalau pada saat masuk NSC anak-anak banyak yang malu, takut sama orang dan takut ketinggian. Namun setelah setahun bergabung dengan NSC anak-anak sudah mulai berani, kesan takut sudah hilang. Anak-anak kita tekankan untuk menjaga kebersamaan, disiplin dan tanggung jawab. Begitu pula selama melatih belum ada kendala, kita melatih dalam kondisi fun (senang). Saya sendiri sebagai pelatih masih terus
belajar dalam melatih,” sambung Fitriyani.

Menurut Fitriyani meski anak asuhnya baru berusia satu tahun, tapi mereka sudah kita ikutkan dalam kejuaraan panjat tebing tingkat nasional ‘Spider Youth Challenge Eiger 2019’ di Surabaya, kelompok usia 6-9 tahun dan 10-13 tahun. “Dalam kejuaraan ini, para atlet NSC mampu mempersembahkan dua medali perunggu atas nama Ahmad Mapanji Ainurido kategori 6-9 tahun dan kategori beregu bolder putra Mumtaz dan Mikha,” terangnya.

BERITA REKOMENDASI