Fix! Mandala Krida Terpilih Jadi Venue Piala Dunia U-20

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – FIFA akhirnya merilis enam stadion bakal venue Piala Dunia U-20 tahun 2021 mendatang di Indonesia. Salah satunya, Stadion Mandala Krida di Yogyakarta yang bakal ditandemkan dengan Stadion Manahan Solo. 

Keputusan tersebut disampaikan dalam sebuah risalah hasil rapat berkop Kementrian Pemuda dan Olahraga RI, Kamis (23/1/2020). Dalam salah satu poin tepatnya huruf C disampaikan bahwa venue penyelenggaraan disepakati FIFA berjumlah 6 stadion yakni Gelora Bung Karno, Pakansari Bogor, Stadion Manahan Solo, Mandala Krida Yogyakarta, Gelora Bung Tomo Surabaya dan I Wayan Dipta Gianyar. 

Keputusan tersebut pun disambut antusias stakeholder sepakbola di DIY. Syauqi Suratno, Ketua Asprov PSSI DIY mengungkap pihaknya sudah sejak awal melakukan persiapan, yakni ketika PSSI melakukan bidding ke FIFA untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. 

“Kita sudah bersiap jadi tuan rumah (Piala Dunia U-20) sejak bidding di FIFA dulu. Kita siapkan meski belum dapat informasi resmi dari federasi beberapa waktu lalu. Saya dengar sudah ada (keputusan FIFA), tapi kami masih tunggu informasi resmi dari federasi meski tetap pada pace itu (percepatannya). Pemerintah serius menganggarkan infrastruktur dan masyarakat sepakbola serta PHRI dan Asita serius maka kami menyambut baik kalau betul keputusan itu sesuai apa yang disiapkan,” ungkap Syauqi ketika dihubungi wartawan Rabu (23/1/2020). 

Asprov PSSI DIY menurut Syauqi juga telah menyampaikan opsi lapangan latihan pendukung yang jumlahnya cukup signifikan untuk kontestan nantinya. “Kita punya Stadion Sultan Agung, lalu Gadjah Mada, UNY, YIS, UII juga ada Maguwoharjo. Saya kira cukup, tinggal nanti penyesuaian saja kurang apa,” imbuh dia. 

Di sisi lain untuk mempersiapkan iklim sepakbola di DIY, Asprov PSSI DIY sudah nenggelar berbagai forum melibatkan stakeholder mulai KONI, Pemda DIY melalui Balai Pemuda Olahraga, Asita, PHRI hingga elemen suporter DIY. Di sisi lain, renovasi Mandala Krida pun sudah masuk dalam penganggaran tahun 2020 ini yang akan memastikan stadion tersebut layak menjadi tuan rumah. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI