FJR Serukan ‘Jogja Papua Seduluran’

YOGYA, KRJOGJA.com – Forum Jogja Rembug (FJR), ormas independen asli Yogyakarta menggelar aksi di ujung selatan Jalan Margo Utomo Yogyakarta, Sabtu (31/8/2019) sebagai bentuk keprihatinan atas situasi di Papua dan Papua Barat. Aksi yang diikuti tak kurang 350 anggota FJR se-DIY menarik perhatian pengguna jalan karena peserta aksi menyuarakan semangat persaudaraan dengan berulangkali menyanyikan lagu 'Jogja Papua Seduluran'.

Baca Juga: Akses Internet di Papua Masih Dibatasi, Keamanan Belum Terjamin?

Ketua Umum FJR, Cahyo Wening Suharno atau yang akrab disapa Cak Harno mengajak seluruh elemen warga Yogyakarta untuk menyebarkan semangat persaudaraan yang santun sebagai ciri khas Yogya yang Istimewa. "Kami ajak seluruh warga Yogya untuk merangkul saudara asal Papua sebagai 'sedulur' dan berdoa demi keutuhan dan keselamatan bangsa," terang Cak Harno disela aksi.

Menurut Cak Harno, menjaga keutuhan NKRI bermakna penting yaitu menjaga Indonesia dari perpecahan. Sedangkan menjaga keselamatan bermakna menjaga Indonesia dari penjajahan gaya baru, virus radikalisme, virus separatisme dan korupsi. FJR menyadari bahwa warga Yogya itu terbuka, saudara yang berasal dari Papua atau Papua Barat adalah saudara warga Yogya juga. "Sebagai sesama anak bangsa wajib menjaga pesan luhur Ibu Pertiwi, khususnya kerukunan dan saling menghormati dalam keberagaman," tuturnya.

Baca juga: Dua Mahasiswa Pengibar Bintang Kejora Ditangkap 

Dewan Pengawas FJR sekaligus Direktur HSPG, Ir Kusnanto MM mengingatkan jangan sampai ada sikap rasisme dan diskriminatif di Yogyakarta. Hilangkan suasana kebencian dan permusuhan terhadap semua warga (asli maupun pendatang) di Yogyakarta. "Hentikan provokasi yang bisa memperkeruh suasana dan mengakibatkan kerusuhan. Sebaliknya tonjolkan semangat keadilan dan persatuan bangsa untuk mencegah disintegrasi bangsa," katanya. (Dev)

BERITA REKOMENDASI