FKIP UAD Gandeng UMP Program Student Mobility

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) melakukan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA)dengan Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP).

Dr Trikinasih Handayani MSi, Dekan FKIP – UAD mengatakan, MoA tentang pertukaran mahasiswa/student mobility antara dengan 2 lembaga. “Prodi Pendidikan Matematika FKIP UAD dengan Prodi Matematika FKIP – UMP fokus student mobility,” ujar Dr Trikinasih Handayani MSi, Rabu (08/12/2021). Adapun bentuk pertukarannya adalah 10 mahasiswa dari Prodi Pendidikan Matematika FKIP UMP mengikuti perkuliahan Persamaan Diferensial diselenggarakan oleh Prodi Matematika FKIP UAD

Sedangkan Uswatun Khasanah MSc, Kaprodi Pendidikan Matematika FKIP UAD mengatakan, Prodi Pendidikan Matematika FKIP UAD memiliki banyak bidang keilmuan yang diterapkan pada banyak aspek kehidupan. Oleh karena itu, banyak mahasiswa dari berbagai program studi ilmu terapan maupun pendidikan yang sangat tertarik untuk melakukan pertukaran mahasiswa agar mereka dapat mempelajari lebih mendalam ilmu matematika yang akan diterapkan. Dalam konteks MoA, pertukaran perkuliahan ini dilaksanakan secara daring dengan dosen pengampu, Fariz Setyawan MPd dan hingga pekan ini merupakan pekan ke-11.

Dr Puguh Wahyu Prasetyo MSc, Person in Change kegiatan ini menjelaskan, untuk mendorong peran perguruan tinggi dalam membangun masyarakat maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di awal tahun 2020 telah mengeluarkan empat kebijakan mengenai Pendidikan tinggi yang terangkum dalam Merdeka Belajar- Kampus Merdeka, diantaranya mengenai pembukaan program studi baru, sistem akreditasi perguruan tinggi, perguruan tinggi negeri badan hukum, dan hak belajar 3 semester di luar
program studi.

Dari empat kebijakan ini salah satu yang berdampak signifikan pada peserta didik adalah hak belajar 3 semester di luar program studi. “Kebijakan ini secara tidak langsung memberikan kebebasan bagi peserta didik untuk menimba ilmu dan memperluas wawasan untuk belajar di luar program studi dimana mahasiswa tersebut terdaftar,” ujarnya.

UAD sebagai perguruan tinggi sangat mendukung kebijakan Kemendikbud tentang pertukaran mahasiswa ini. Melalui Peraturan Rektor UAD No 11 Tahun 2020 Tentang Pedoman Pelaksanaan Program Merdeka Belajar- Kampus Merdeka Program Sarjana dan Sarjana Terapan di UAD, dibuat suatu prosedur operasional dalam pelaksanaan program pertukaran mahasiswa. Harapannya dengan kegiatan ini mahasiswa khususnya di lingkungan UAD dapat memperluas wawasan dan keilmuan dengan melakukan studi di luar program studi. Salah satu program studi yang sangat potensial dalam penyelenggaraan program pertukaran pelajar adalah Program Studi Pendidikan Matematika. (Jay).

 

UAD

BERITA REKOMENDASI