Flying Gank Siap Amankan Jalur Kereta

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Belakangan, cuaca di wilayah Pulau Jawa sangat tidak menentu dengan dominasi terik matahari, mendung, hujan bahkan hingga longsor dan banjir di beberapa titik. Jalur kereta api pun tak luput dari terjangan longsor dan banjir seperti yang terjadi di Jawa Barat dan Maguwoharjo Yogyakarta beberapa waktu lalu.

Padahal, PT KAI kini tengah menghadapi masa liburan panjang Natal dan Tahun Baru (Nataru) yang membuat jalur-jalur tersebut semakin sibuk dilewati setiap harinya. Alhasil, kini BUMN tersebut menyiagakan tim yang diberinama Flying Gank untuk mengantisipasi longsor, banjir atau bencana lainnya yang berpotensi menggangu perjalanan kereta api.

Di Daop 6 Yogyakarta, PT KAI memerintahkan seluruh personil Flying Gank untuk bersiaga sejak 22 Desember 2017 hingga 7 Januari 2018 saat masa angkutan Nataru. Mereka bersiaga di titik-titik tertentu yang dinilai berpotensi terjadi bencana saat cuaca berubah ekstrim.

“Kita siagakan namanya flying gank, yakni tim yang akan mengatasi masalah dengan cepat bila terjadi longsor, banjir atau bencana lain yang mengganggu perjalanan kereta api. Mereka bakal bersiaga di titik-titik tertentu yang memang dirasa rawan terjadi bencana,” terang Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto Sabtu (23/12/2017).

Para petugas yang tergabung dalam Flying Gank menurut Eko bakal dipersenjatai dengan berbagai peralatan seperti material, jagrag jembatan dan bantalan rel. “Mereka juga bisa dengan cepat bertindak karena kita  persenjatai dengan peralatan yang lengkap, tujuannya agar perjalanan kereta tidak lama terganggu,” sambung Eko. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI