Forum Rakyat Jogjakarta Pertanyakan Proses Lelang Proyek

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Forum Rakyat Jogjakarta (FRJ) mempertanyakan proses pelelangan tender pembangunan salah satu proyek dari pihak terkait. FRJ bahkan memprotes keras mekanisne pelalangan tender senilai Rp 13 milyar itu karena dinilai tidak sesuai prosedur.

Dalam keterangan resminya, Koordinator II FRJ Mulyono Adi Prawiro Utomo menyatakan menuntut evaluasi ulang atau pembatalan penentuan pemenang lelang yang telah dijalankan pada Juni 2020 ini. Ia juga meminta pihak terkait segera memproses dan mengusut tuntas jika ada indikasi kecurangan dalam tender proyek itu.

“Ada persyaratan yang tidak fair dan tidak benar. Contohnya penyerahan jaminan penawaran harus asli di saat pandemi Covid-19 sehingga cenderung kaku,” ujarnya, Selasa (16/06/2020).

Mulyono juga mempertanyakan mempertanyakan waktu pelaksanaan lelang yang dilaksanakan saat masa Covid-19. Hal itu menurutnya tidak pekanya tim penyelenggara lelang terhadap situasi yang tengah terjadi saat ini.

“Karena itu kita meminta pengumuman pemenang lelang pada 12 Juni kemarin dibatalkan dan dievaluasi ulang dengan alasan penghematan anggaran negara dan kearifan lokal. Kita juga meminta pihak terkait segera memanggil dan memeriksa jika ada indikasi kecurangan,” tegasnya. (*)

BERITA REKOMENDASI