FOS Kelas 8 SMPN 5 Yogya Gelar Syawalan

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Paguyuban Pengurus Forum Orang tua Siswa (FOS) kelas 8 SMP Negeri 5 Yogyakarta menggelar acara Syawalan di Aula SMPN 5 Yogyakarta, Sabtu (21/5/2022). Syawalan diikuti seluruh pengurus kelas 8 (satu angkatan), guru pengajar kelas 8, ketua komite sekolah, kepala sekolah dan wakil kepala sekolah, serta para donatur.
Ketua Panitia Syawalan FOS 8, Eling Priswanto SE MM yang akrab disapa Wawan mengatakan, kegiatan syawalan rutin digelar setiap tahun. Acara intinya antara lain penyampaian ikrar syawalan dan tausiyah oleh drh Agung Budiyanto MP PhD (Wakil Dekan Fakultas Kedokteran Hewan UGM). “Melalui kegiatan syawalan ini diharapkan semakin kompak guru, siswa dan orang tua siswa,” terang Wawan.
Menurutnya, kesuksesan pendidikan peserta didik sangat tergantung dari kekompakan guru, orang tua siswa dan siswa itu sendiri. Ia berharap, dengan situasi pandemi yang semakin terkendali, kian banyak kegiatan-kegiatan sekolah yang dilaksanakan secara tatap muka (luring).
“Saat ini pelonggaran-pelonggaran mulai diperbolehkan, kami (orang tua) berharap kegiatan secara tetap muka di sekolah mulai digalakkan. Meski demikian, protokol kesehatan tetap harus dipatuhi karena pandemi belum sepenuhnya usai,” ujar Wawan.
Ketua Paguyuban FOS 8 Leonilla Vari Amrta berharap pandemi segara berakhir. Ia bersyukur anak-anak sudah melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka, meski tetap harus didiplin prokes. Menurutnya, pendidikan tidak hanya terkait pelajaran saja, tapi anak-anak juga perlu berinteraksi dan bersosialisasi untuk pembentukan karakter dan budi pekerti.
“Sisi positif pandemi, anak jadi trampil memanfaatkan teknologi digital (IT), tetapi mereka juga butuh srawung dengan teman yang lain, berinteraksi dengan guru, sehingga tidak hanya pintar secara akademik tapi juga memiliki karakter unggul,” katanya.

BERITA REKOMENDASI