Fraksi Golkar Minta Pemkot Yogyakarta Tegas Tegakkan Larangan Mudik

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Fraksi Partai Golkar DPRD Kota Yogyakata mendukung sepenuhnya program larangan mudik bagi masyarakat yang dilakukan oleh pemerintah. Kebijakan tersebut dibuat bukan untuk mengakang aktivitas masyarakat, namun justru melindungi bangsa ini dari penyebaran Virus Covid-19 yang lebih luas lagi.

Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Kota Yogyakarta, Augusnur mengimbau masyarakat untuk mematuhi larangan tersebut. Walau Kota Yogyakarta bukan termasuk daerah mayoritas tujuan pemudik, namun kewaspadaan harus terus ditingkatkan.

“Pemerintah memberikan sinyal untuk meminimalisasi penyebaran Covid -19 secara besaran-besaran dengan kebijakan-kebijakan terkait penyekatan bagi pemudik. Ini bertujuan agar tak terjadi penyebaran Covid-19 besar-besaran di daerah,” kata Augusnur disela kegiatan penyaluran bantuan Fraksi Partai Golkar DPRD Kota Yogyakarta kepada pada pegawai maupun pekerja di lingkungan kantor dewan setempat, Jumat (07/05/2021).

Augusnur menyatakan, pemeritah tak ingin Indonesia menjadi seperti India dimana terjadi ledakan jumlah penderita Covid-19 secara besar-besaran. Hal itu menurut Agusnur sebenarnya dapat dicegah, salah satunya dengan berbagai pembatasan dan kesadaran bersama untuk mematuhi protokol kesehatan (prokes).

“Kita harus menyadari betul pandemi ini luar biasa. Seperti kita ketahui ini sudah berkembang tidak hanya satu varian saja, tapi beberapa varian sudah masuk di Indonesia. Oleh karena itu pemerintah melakukan langkah-langkah untuk meminimalisasi penyabaran tersebut,” jelasnya.

Wakil Ketua Fraksi Golkar Kota Yogyakarta, Bambang Seno Baskoro menambahkan pemerintah kota setempat harus tegas dalam menerapkan larangan tersebut. Tak hanya soal mudik saja melainkan juga larangan berkerumun, buka bersama maupun open house yang itu juga sudah diatur oleh pemerintah.

“Pemerintah sudah mempertimbangkan dan itu bukan hanya untuk kepentingan sesaat. Yogyakarta sesuai data tidak ada peningkatan, namun juga belum ada penurunan yang signifikat. Oleh karena itu kita laksanakan edaran yang ada terkait larangan pemerintah ini demi masyarakat,” tambahnya.

Sementara itu Sekretaris Fraksi Golkar DPRD Kota Yogyakarta, Sri Retnowati mengingatkan masyarakat untuk selalu mematuhi prokes. Menurutnya tanpa peranserta bersama maka pandemi Covid-19 ini tidak akan bisa berakhir. (*)

BERITA REKOMENDASI