‘Future’ Skills, Gembleng Generasi Muda Kecakapan Masa Depan

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Generasi muda saat ini membutuhkan kecakapan khusus dalam menghadapi masa depan. Tentu saja harus berbeda dibandingkan orang lain, karena akan menjadi daya tarik tersendiri. Kecakapan tersebut nantinya dibutuhkan agar mereka dapat beradaptasi, berkompetisi, bahkan menjadi talenta unggulan.
Hal tersebut mengemuka dalam ajang daring Future Fest bertajuk “Think Future, Act Nature”, Sabtu (29/1). Acara ini merupakan gelaran Future Skills, Pijar Foundation dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada (UGM).  Kegiatan ini menjadi acara puncak sekaligus penutup dari rangkaian Future Skills Class ke-4, perkuliahan online sekaligus program inkubasi yang berlangsung sejak Agustus 2021.
Direktur Eksekutif Future Skills Ageng Sajiwo menjelaskan, rangkaian acara ini membekali para talenta muda agar bisa beradaptasi dan berdaya saing di era disruptif. “Tujuannya agar para talenta muda menjadi terampil dan mahir menggunakan skill yang dibutuhkan di masa mendatang,” kata Ageng.
Future Skills Class ini pun diselenggarakan untuk menjadi inkubator pengembangan mahasiswa. Penyelenggara menggandeng 45 mitra kolaborator dari beragam bidang. Seperti industri, komunitas dan LSM.
Selama kegiatan berlangsung, lebih dari 11 ribu peserta dari berbagai daerah di Indonesia berpartisipasi dalam kegiatan ini. Mereka dapat memilih mata kuliah yang akan berguna untuk menghadapi masa depan. Seperti kewirausahaan sosial, kepemimpinan, lingkungan, hingga industri kreatif. Setiap perkuliahan diisi oleh narasumber yang berpengalaman dan memiliki ilmu praktis sesuai bidang mereka.
“Untuk mahasiswa peserta pelatihan ini, hasil pembelajaran dapat dikonversi menjadi nilai SKS yang dapat ditransfer kepada universitas masing-masing,” jelasnya.
UGM

BERITA REKOMENDASI