Gakkumdu Kantongi Bukti Hilangnya Suara PPP

SLEMAN,KRJOGJA.com- Sentra penegakan hukum terpadu (Gakkumdu) Kabupaten Sleman telah melakukan pemeriksaan atas kasus hilangnya suara Partai Persatuan Pembangunan (PPP) pada pemilu 2019. 

Saat ini tinggal menunggu pemeriksaan terhadap satu orang petugas data Panitia Prmilihan Kecamatan (PPK) yang dinilai miliki informasi lebih banyak. Gakkumdu juga memeriksa komisioner KPU Kabupaten Sleman terkait kasus hilangnya perolehan 1.508 suara Partai Persatuan Pembangunan (PPP). 

BACA JUGA :

Bawaslu Sleman Masih Investigasi Hilangnya Suara PPP

Suara PPP “Pindah” ke Nasdem, Begini Kata KPU DIY

 

" Masih menunggu pemeriksaan terhadap satu orang petugas data PPK. Kami nilai dia miliki informasi lebih banyak, ini masih menunggu kesiapan untuk diperiksa," kata Koordinator Divisi Data Hukum dan Informasi Bawaslu Sleman, Arjuna Al Ichsan Siregar saat dimintai konfirmasi. Senin (20/05/2019).

Arjuna menambahkan, sejumlah alat bukti yang sudah dikumpulkan Gakkumdu dalam proses penyelidikan yang telah berjalan sepekan ini. Di antaranya dokumen salinan DA-1, DAA-1, serta rekaman video rapat pleno rekapitulasi tingkat kabupaten dan foto plano dari pelapor.

Kendati demikian, lanjut Arjuna proses di Gakkumdu tidak akan mempengaruhi hasil karena suara tersebut sudah diperbaiki pada waktu pleno kabupaten. "Yang kita proses sekarang ini tindakannya, yang bisa mengubah hasil penghitungan suara. Jika terbukti terjadi pidana Pemilu maka terhadap pelaku yang mengubah hasil penghitungan suara, bagi penyelenggara Pemilu ancaman pidana satu tahun penjara," tegasnya.

Adapun pihak di luar penyelenggara Pemilu yang terlibat, diancam pidana tiga tahun penjara. (Ive)

BERITA REKOMENDASI