Gangguan Teknis Harus Dievaluasi

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sangat terkait dengan sistem teknologi informasi, sehingga harus disiapkan dengan baik dan sempurna. Agar tidak muncul gangguan server pusat, harus dipastikan kesiapan software dan hardware sudah 100 persen.

“Banyaknya server yang offline saat hari pertama UNBK SMPitu menunjukkan pemangku amanah dalam penyelenggaraan UNBK itu kurang serius. Kondisi ini harus dijadikan bahan evaluasi bersama, karena tidak sekadar berdampak pada molornya waktu ujian, tapi juga mempengaruhi psikologis anak selaku peserta ujian,” kata Ketua Dewan Pendidikan Kota Yogyakarta, Dr Ariswan.

Ariswan mengatakan, adanya gangguan server pusat, tidak boleh dibiarkan begitu saja. Untuk itu, pemerintah dalam hal ini Kemendikbud wajib segera melakukan evaluasi, kenapa kasus ini harus terjadi? Selain itu, siapa yang harus bertanggung jawab terhadap adanya persoalan tersebut (gangguan server) harus jelas.

Hal-hal itu harus ditelusuri secara detail dari tingkat nasional sampai satuan pendidikan. Dengan begitu bisa diketahui akar persoalannya dan dicarikan solusi secara tepat, agar kasus serupa tidak terulang.

“Evaluasi itu dijadikan dasar untuk perbaikan UNBK berikutnya. Sehingga jaminan pelaksanan UNBK tanpa gangguan benar-benar bisa diwujudkan. Hal itu bisa terwujud, kalau seluruh penanggung jawab program menjadikan ‘layanan’ sebagai tujuan utama dalam melaksanakan tugas sebagai abdi negara,” terang Ariswan.

Terpisah Praktisi Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Benni Setiawan MSi berharap, UNBK tingkat SMP yang masih mengalami kendala teknis perlu pembenahan segera, sehingga tidak menimbulkan kegaduhan yang mengganggu psikologis siswa. Karena kesiapan psikologis juga penting.

Seharusnya pengalaman kejadian serupa saat UNBK tingkat SMAdan SMK dijadikan pembelajaran bagi semua pihak, utamanya mempersiapkan sekolah agar siap UNBK. Namun realitas di lapangan masih banyak gangguan teknis di sekolah negeri maupun swasta, termasuk di server milik Kemendikbud.

“UNBK merupakan terobosan baik sebagai respons era revolusi industri 4.0. Karena itu, perlu disiapkan dengan baik dari unit komputer sampai jaringan server, termasuk tenaga teknisnya atau sumber daya manusianya,” kata Peneliti di Maarif Institut for Culture and Humanity. (Ria/R-3)

BERITA REKOMENDASI