Garda Pemuda NasDem DIY Ajak Penyintas Covid-19 Donorkan Plasma Konvalesen

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Garda Pemuda NasDem DIY menggelar aksi sosial donor plasma konvalesen, Sabtu (14/08/2021). Sejumlah penyintas hadir mendonorkan darahnya untuk nantinya disumbangkan kepada para pasien Covid-19 yang saat ini masih terus berjuang melawan virus tersebut.

Kegiatan donor ini diikuti oleh sekitar 65 peserta, 40 orang pendonor diantaranya merupakan kader NasDem DIY. Untuk memenuhi protokol kesehatan, aksi donor darah tersebut dibagi dalam dua sif pagi dan siang.

Hingga kini kebutuhan plasma konvalesen di DIY, menurut Ketua Garda Pemuda NasDem dr Sobri Emiga Sando masih belum terpenuhi. Kondisi ini tidak terlepas dari masih tingginya kasus aktif Covid-19 di DIY.

Bukan masa sekarang saja, sejak awal pandemi kebutuhan plasma konvalesen selalu tidak terpenuhi. Kebutuhannya selalu kurang semenjak terapi plasma konvalesen terbukti membantu penyembuhan pasien Covid-19.

“Faktor minimnya stok plasma konvalesen di DIY karena minimnya edukasi kepada penyintas Covid-19. Selain itu tidak semua penyintas Covid-19 bisa mendonorkan plasma konvalesennya. Donor plasma bisa dilakukan jika lolos uji laboratorium dan memenuhi syarat medis,” katanya disela kegiatan yang dilaksanakan di Kantor DPW NasDem DIY.

Meski semua orang bisa mendonor tapi tidak semua lolos. Ini yang menyebabkan stok plasma konvalesen di DIY sedikit. “Kami inisiatif melalukan gerakan ini dan dilakukan serentak oleh seluruh Garda Pemuda NasDem se-Indonesia,” ujarnya.

Politisi NasDem Yogyakarta, Aulia Reza Bastian menilai kebutuhan plasma konvalesen di DIY masih sangat tinggi karena masyarakat yang terpapar dan meninggal akibat Covid-19 juga masih tinggi. Ia pun mengapresiasi kiprah Garda dengan kegiatan positif ini.

“Kader Garda Pemuda NasDem menjadi garda terdepan dan ujung tombak partai dalam memperjuangkan misi kemanusiaan,” ujar anggota Dewan Pakar NasDem DIY itu. (*)

BERITA REKOMENDASI