Garin Merapat ke PDIP, Herry Zudianto Tak Kaget

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA(KRjogja.com) – Kabar merapatnya bakal calon walikota Jogja Independent (Joint) Garin Nugroho ke PDI Perjuangan ternyata tak membuat kaget para panelis yang melakukan seleksi terhadap sineas senior tersebut. Salah satunya datang dari Herry Zudianto yang beberapa waktu lalu ikut dalam tim seleksi Jogja Independent.

Kepada wartawan saat ditemui di kompleks Kepatihan, Selasa (19/7/2016) Herry mengungkapkan bahwa seluruh proses di Joint dianggap selesai setelah adanya kepastian Garin bergabung dengan partai politik. Menurut dia, Joint tak mampu lagi berada di jalur independent karena tak bisa mengumpulkan KTP warga Kota Yogyakarta sesuai syarat KPU Kota.

"Proses di Joint dianggap selesai karena Joint dan calonnya tak mampu tetap di jalur independent. Namun saat mas Garin memutuskan mendekat ke partai itu merupakan hak politik dia," ungkap mantan walikota Yogyakarta ini.

Joint menurut HZ memiliki kelemahan yakni keterbatasan relawan untuk mengumpulkan KTP sesuai syarat minimal KPU Kota yakni 26 ribu. "Setelah terpilihnya Mas Garin memang belum ada skenario jelas akan seperti apa lanjutannya, selain itu memang ada keterbatasan kemampuan dan waktu dari para relawan Joint sendiri," imbuhnya.

Namun demikian, HZ tak setuju apabila nama Joint hilang begitu saja pasca bergabungnya Garin ke partai politik. Joint disebut HZ merupakan wadah pembelajaran masyarakat agar peduli pada proses dan tahapan politik salah satunya melalui pemilihan kepala daerah. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI