Gedung DPRD DIY Rusak Diserbu Demonstran

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Gedung DPRD DIY luluh lantak diserbu pendemo UU Cipta Kerja, Kamis (08/10/2020). Massa yang berusaha merangsek masuk sejak siang hari terlibat adu lempar dengan aparat kepolisian dan membuat kantor DPRD DIY rusak.

Aksi saling lempar terjadi beberapa kali sejak siang hingga berakhir pukul 17.00 WIB. Petugas kepolisian memukul mundur para demonstran ke arah selatan dan utara Jalan Malioboro dari depan gedung DPRD.

Sebelumnya, Legian Cafe yang terletak di sisi selatan Gedung DPRD DIY habis terbakar. Penyebabnya, ada oknum yang diduga melempar molotov dan mengenai bangunan dua lantai tersebut hingga terbakar habis.

Tercatat dari pantauan lapangan beberapa sepeda motor rusak akibat aksi tersebut, kaca-kaca, genteng dan pagar kantor DPRD rusak parah akibat kejadian tersebut. Beberapa mobil polisi yang terparkir di halaman DPRD DIY juga diketahui rusak.

Sekretaris DPRD DIY, Hariyanto mengatakan pihaknya belum mengetahui kerugian yang terjadi akibat aksi siang tadi. Namun, kerugian ditaksir mencapai ratusan juta Rupiah karena hampir semua kaca di kantor tersebut pecah dan mobil serta motor rusak.

“Kerusakan kaca-kaca semua pecah, ada bangunan di cat dan sebagian besar kaca gedung dan sarana prasarana pos pengamanan juga. Lampu taman juga dipecahi juga, ada tv yang rusak juga dan kemungkinan sekitar seratusan juta ada,” ungkapnya.

Para pekerja di DPRD DIY menurut Hariyanto akan mulai mendata serta membersihkan kantor yang rusak akibat aksi unjukrasa siang hingga sore hari tadi. Sekitar pukul 18.12 WIB, massa masih tampak di sisi timur penggal Jalan Mangkubumi dan Abu Bakar Ali, bertahan dan beberapa kali saling lempar. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI