Gedung Eks Bioskop Permata Dipugar, Bakal Jadi Apa?

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemda DIY melalui Dinas Kebudayaan (Disbud) DIY melakukan pemugaran bangunan cagar budaya eks Bioskop Permata yang terletak di Jalan Sultan Agung Yogya. Bekas salah satu gedung bioskop yang cukup legendaris tersebut diusulkan jadi Pusat Perfilman di DIY.  

Plt Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) DIY Budi Wibowo mengungkapkan, gedung eks Bioskop Permata termasuk warisan cagar budaya yang merupakan aset milik Pura Pakualaman. Gedung tersebut memang sedang dibangun kembali dan dibenahi fisiknya baik dalam maupun luar mulai tahun ini sesuai peraturan bangunan cagar budaya. 

"Kami sedang melakukan pembangunan kembali eks Bioskop Permata sesuai kaidah cagar budaya yang ada, tidak boleh semua bangunan diruntuhkan. Karenanya kami membangunnya mulai tahun ini hingga tahun depan pun harus berhati-hati," tandas Budi Wibowo, Rabu (12/12/2018).

Budi mengatakan, Detail Engineering Design (DED) pembangunan kembali eks Bioskop Permata sudah selesai dan sudah mulai dikerjakan pembangunan fisiknya. Namun perencanaan pengelolaan gedung tersebut nantinya untuk apa, baru akan ditentukan kemudian karena harus melalui kajian tersendiri. 

"Pihak Pura Pakualaman selaku pemilik aset sudah memberikan arahan agar eks Bioskop Permata menjadi pusat perfilman di DIY," tuturnya.

Ketua Dewan Kebudayaan DIY Djoko Dwiyanto mengapresiasi pemugaran bangunan bekas Bioskop Permata yang diharapkan dapat memotivasi para seniman dan anak muda untuk mengembangkan bakat dan kreativitasnya. Namun karena bangunan tersebut merupakan cagar budaya, pemugarannya harus dilakukan secara hati-hati, dengan tetap mempertahankan kekhasan dan bentuk aslinya.

"Bangunan bekas Bioskop Permata termasuk cagar budaya. Saat dipugar, arsitektur bangunan aslinya harus tetap dipertahankan. Ada tiga hal yang harus diperhatikan dalam hal ini, yakni bahan yang digunakan, teknologi dan lingkungan. Untuk menjaga keaslian dan kekhasan bangunan, sebaiknya saat pemugaran ada pendampingan dari ahli arkeologi maupun secara teknik dari pihak-pihak terkait," terangnya.(Ira/Ria) 

BERITA REKOMENDASI