Gelar Festival Bregada Siswamadya DIY, Padmanaba Gali Kreasi ‘Prajurit’ Muda

YOGYA, KRJOGJA.com – 17 lebih kelompok bregada secara bergiliran melintas di seputaran SMA Negeri 3 Yogyakarta Sabtu (16/9/2017) siang. Menggunakan kostum karya sendiri, mereka memamerkan gerakan dan properti untuk menarik minat dewan juri dengan harapan meraih gelar juara.

Agenda kirab bregada tersebut merupakan bagian dari Lustrum XV SMA Negeri 3 Padmanaba Yogyakarta yang dilaksanakan sejak Jumat (15/9/2017) kemarin. Kirab bregada yang hampir seluruh pesertanya anak muda usia SMA ini memang jauh lebih spesial ketimbang festival lain yang sebelumnya pernah ada.

Jika biasanya kirab bregada kebanyakan dilihat di Kraton dengan pakem keprajuritan yang telah diatur, kali ini masyarakat bagai melihat festival bregada yang lebih 'liar'. Hendri Saparini, Ketua Panitia Lustrum XV Padmanaba mengungkap, pihaknya sengaja membebaskan peserta untuk berkreasi seturut minat masing-masing.

"Mau pakai kostum seperti apa, dari daerah mana kami tidak membatasi karena ini kreasi anak-anak muda dari berbagai SMA di DIY. Kami dari alumni Padmanaba ingin menginspirasi dan selama ini lomba bregada anak-anak muda belum ada," ungkapnya.

Festival yang baru kali pertama dilakukan ini mendapat apresiasi tinggi dari sekolah-sekolah di wilayah DIY hingga akhirnya Padmanaba terpaksa menolak partisipas 8 sekolah lain. "Total peserta ada 17 tim dari berbagai sekolah setingkat SMA di DIY, belum lagi yang eksebishi lebih dari 7 kelompok dari kampung di Kota Yogya, animonya ternyata luar biasa," sambungnya.

Tak heran festival bregodo ini bakal diadakan rutin setiap tahun, terlebih apresiasi pemerintah juga cukup baik dengan bukti pemberian piala bergilir Mendikbud dan Sri Sultan HB X untuk para juara. "Kami berharap festival ini bisa jadi agenda rutin sekaligus ikon wisata di Yogyakarta, tahun depan bakal dikemas jauh lebih baik lagi dan lebih meriah," pungkasnya.

Dalam festival tersebut, para peserta menampilkan kostum menarik yang semuanya berasal dari ide tiap kelompok. Ada yang berkostum koran bekas hingga pakaian adat Papua lengkap dengan riasan wajah dan tubuh.

Para alumni Padmanaba sendiri malam nanti bakal menjalani agenda makan malam di kawasan sekolah SMA N 3 Yogyakarta. Minggu (17/9/2017) pagi esok ada agenda lomba lari 5K dan 10K yang diikuti peserta para atlet dan masyarakat umum. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI