Gelar Musorkot, KONI Kota Dukung Pembinaan Olahraga Berkelanjutan 2045

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – KONI Kota Yogyakarta menggelar Musyawarah Olahraga Kota (Musorkot) di Hotel Tentrem, Sabtu (18/12/2021). Agenda pemilihan ketua umum periode 2022-2026 dilakukan termasuk penyusunan program kerja pembinaan olahraga selama lima tahun ke depan.

Ketua Umum KONI DIY, Prof Djoko Pekik Irianto, menyampaikan antusiasme atas penyelenggaraan Musorkot KONI Kota Yogyakarta. Menurut dia, program pembinaan olahraga kini mendapatkan roadmap setelah adanya Perpres 86 tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional.

“Ini kerangka induk pembinaan prestasi jangka panjang 2021-2045 yang merupakan garis besar untuk membangun olahraga Indonesia. Tujuannya Indonesia meraih lima besar di Olimpiade 2044 mendatang, menuju generasi emas 100 tahun kemerdekaan Indonesia. Di Tokyo kemarin kita masih di posisi 55 yang akan cukup berat tentu ke depan menuju 5 besar,” ungkap Djoko.

Dari roadmap besar itu, pembinaan mulai tingkat Kabupaten/Kota menjadi sangat penting untuk disinergikan mulai saat ini. Ia pun berharap, ada sinergi kesinambungan antara KONI Kota Yogyakarta dengan Pemkot Yogyakarta dalam mewujudkan generasi unggul ke depan.

“Pembinaan kita mulai dari kabupaten/kota mengarah ke sana. Bagaimana program pembinaan dilakukan jangka panjang, ada skala prioritas pembinaan untuk 14 cabor unggulan plus 3 cabor industri yakni sepakbola, voli dan basket. KONI Kota diharapkan punya cabor yang harus diendorse untuk ke tingkat nasional. Pemda dan KONI harus melekat bersinergi mewujudkan hal tersebut termasuk di Kota Yogyakarta,” sambung Djoko.

Selain target jangka panjang, DIY menurut Djoko juga sedang berupaya memperbaiki posisi di ajang PON setelah gagal masuk 10 besar di Papua lalu. Target serius dicanangkan untuk PON Aceh-Sumatera Utara 2024 mendatang di mana persiapan akan dimulai 2022 nanti.

“Kita juga punya target untuk mengembalikan posisi DIY di 10 besar dalam PON Aceh-Sumut mendatang. Harapannya, akan banyak atlet dari Kota Yogyakarta yang menjadi wakil DIY nantinya dan mendulang prestasi,” lanjutnya.

Pada Musorkot kali ini, Ketua Umum KONI Kota Yogyakarta saat ini, Aji Karnanto menjadi calon tunggal ketua periode 2022-2026. Ia dipilih secara aklamasi dalam sidang yang dilaksanakan hari ini.

Aji sendiri menyampaikan komitmen untuk meneruskan keseriusan membina olahraga di Kota Yogyakarta. Apalagi, tahun depan akan ada beberapa agenda penting olahraga termasuk Pekan Olahraga Daerah (Porda) di Kabupaten Sleman.

Kota Yogyakarta berikrar membina atlet dengan maksimal dan meraih prestasi di tingkat daerah, maupun mengirimkan wakil-wakil terbaiknya membela DIY dan bahkan Indonesia di kancah lebih tinggi. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI