Gelar Seni Tradisi, Upaya Melanggengkan Kebudayaan

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Taman Budaya Yogyakarta (TBY) adakan acara rutin bertajuk Gelar Seni Tradisi. Diadakan dari tanggal 23 Maret-24 Maret 2018 acara ini merupakan gelaran ketiga pada tahun ini. Seni yang ditampilkan pada hari pertama adalah pertunjukan oleh Sanggar Seni Condrorandono, Pentas Jathilan Turonggo Daeng, Kothekan Kendhali Rasa, dan Pentas Wayang Kulit.

Gelar Seni Tradisi diadakan setiap satu bulan sekali, bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan. Penampil berasal dari berbagai daerah di DIY. Acara ini digelar karena melihat bahwa saat ini di kota sudah jarang ada acara kesenian semacam ini.

Penyelenggara acara, Sipriana Dinda mengatakan Gelar Seni Tradisi merupakan wadah bagi para seniman tradisi. “Selain itu supaya masyarakat bisa tahu bahwa di DIY ternyata dari berbagai kabupaten memiliki seni tradisi,” tambahnya.

Tidak ada tema khusus pada tiap pagelaran. Penampil pada tiap Gelar Seni Tradisi pun berbeda agar memberi keadilan ruang pada para pegiat seni. Sebagian besar pengunjung merupakan pegiat seni dan wisatawan yang mampir. (Nur Syafira Ramadhanti)

BERITA REKOMENDASI