Gema Takbir Terpusat di Alun-Alun, Jalan Utama Yogya Lengang

YOGYA, KRJOGJA.com – Dua festival takbir yang berpusat di wilayah Kraton Yogyakarta masing-masing di Alun-Alun Utara dan Selatan Sabtu (24/6/2017) malam agaknya membuat konsentrasi masyarakat mengarah ke lokasi tersebut. Kemeriahan tersaji dalam acara Gema Takbir Njeron Beteng 2017 di Alkid dan Gema Takbir Jogja yang dipusatkan di Masjid Gede Kauman kawasan Altar. 

Sebanyak 17 kelompok dari kawasan Njeron Beteng berpartisipasi dalam Gema Takbir Njeron Beteng 2017 di Alkid sementara 15 kelompok beradu kreasi di Gema Takbir Jogja yang dipusatkan di Masjid Gede Kauman. Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti secara langsung membuka gelaran di Kauman sementara wakilnya, Heroe Poerwadi menjadi pemegang bendera start di Sasana Hinggil Alkid. 

Masyarakat pun tampak memenuhi dua lokasi tersebut sejak pukul 19.00 hingga 23.00 WIB. Di Kauman, kemeriahan terjadi di akhir lomba saat pesta kembang api dilepaskan ke langit cerah Yogyakarta malam ini. 

Heroe Poerwadi sendiri mengungkap, takbir merupakan ekspresi kemenangan umat Muslim setelah sebulan berpuasa menahan lapar serta nafsu duniawi. Menurut dia, masyarakat memiliki hak untuk merayakan kemenangan tersebut dengan menggemakan takbir sembari tetap bermohon ampun dari Allah. 

"Kita merayakan kemenangan hari ini setelah sebulan berpuasa, semoga ibadah kita membawa berkah dan seruan kemenangan ini benar-benar dihayati. Semoga acaranya lancar dan esok pagi kita bisa khusyuk beribadah sholad Ied," ungkapnya. 

Beradasar pantauan KRjogja.com, kawasan kota Yogyakarta sendiri terpantau cukup lengang terutama di jalan-jalan protokol seperti Malioboro dan Marga Utama. Tak sedikit memang yang melakukan takbir keliling menggunakan mobil bak terbuka dengan sound dan alat musik lengkap bersama tabuhan. Kumandang takbir pun tetap terdengar di suasana malam Yogyakarta yang syahdu.

Meski demikian petugas keamanan dari lintas instansi dan kepolisian tampak berjaga hingga lepas pukul 23.00 WIB. Kepolisian mengantisipasi adanya konvoi pasca takbir yang dilakukan berbagai kelompok masyarakat. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI