Generasi Muda Jangan Apatis Politik

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Generasi muda mempunyai energi yang besar serta ide-ide cemerlang untuk membawa perubahan positif. Oleh karenanya, kiprah generasi muda sangat dibutuhkan dalam berbagai bidang pembangunan, termasuk di bidang politik.

"Generasi muda jangan apatis dengan politik," terang Wakil Bupati Trenggalek Muhammad Nur Arifin atau yang akrab disapa Mas Ipin kepada wartawan disela acara Sarasehan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) DIY bertema 'Mahasiswa, Pemimpin yang Dinanti Negeri' di Hotel Mawar Indah Yogyakarta, Minggu (16/9/2018).

Menurut Wakil Bupati termuda di Indonesia ini, politik jangan dipahami hanya Pemilu (elektoral) semata, melainkan yang lebih penting adalah kerja-kerja nyata demi kesejahteraan sosial masyarakat. Mengkritik pemerintah tidak harus dengan turun di jalan, namun bisa dipilih cara yang lebih elegan seperti mengadakan sekolah tani atau program sosial lainnya yang langsung menyentil pemerintah. "Di dunia perpolitikan, generasi muda jangan hanya menjadi pemilih saja saat Pemilu, tapi menjadi aktor perubahan," katanya.

Sedangkan bagi pemerintah, sudah sepatutnya memberikan wadah bagi para generasi muda untuk menuangkan gagasan/ide cemerlang. Contohnya dengan mengadakan Festival Gagasan Rakyat, yang merangsang munculnya gagasan bagus dari masyarakat terutama generasi muda. Selain itu melibatkan generasi muda di Musrenbang.

"Generasi muda millenial ini sangat dekat dengan dunia digital. Sehingga pendekatannya bisa dilakukan melalui teknologi digital yang lebih mudah dan efektif," kata Ipin yang saat ini juga menjabat Ketua Taruna Merah Putih Jawa Timur dan Ketua DPD KNPI Jawa Timur.

Politisi Muda PDI Perjuangan Eko Suwanto menyatakan Pemilu 2019 harus didorong secara bersama-sama agar berlangsung secara bermartabat, berbudaya dan menggembirakan. "Ciri-ciri Pemilu bermartabat adalah tidak ada hoaks dan fitnah. Kami harapkan partisipasi kaum muda. Pemilu 2019 merupakan momentum penting bagi rakyat untuk menggunakan kedaulatan politiknya," ungkap Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan DIY ini. (Dev)

BERITA REKOMENDASI