Generasi Muda Perlu Belajar Menulis Sejarah Lokal

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA (KRjogja.com) – Selain mempelajari sejarah, generasi muda juga perlu belajar menulis sejarah lokalnya. Dengan begitu, tidak hanya menjadikan si penulis lebih cinta dan mengenal daerahnya, tapi bisa memberi solusi terkait persoalan lokal, memperkaya histografi Indonesia maupun memperkuat ekonomi kreatif.

Menurut Peneliti Sejarah, Galuh Ambar Sasi SPd MA, sumber penulisan sejarah lokal tidak melulu berkaitan bangunan fisik seperti tugu, monumen maupun palagan, tapi bisa dari peta, foto, letak geografis, cara berpakaian dan lain-lain. Penulisan sejarah lokal dapat dimulai dari pertanyaan sederhana seperti kapan, siapa dan apa.

"Kita bisa memulai menulis sejarah lokal dengan menulis sejarah keluarga, kampung maupun sekolah masing-masing," kata Galuh saat berbicara dalam seminar 'Sejarah Lokal dan Pembangunan Karakter Bangsa' di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Rabu (24/8/2016). Pembicara lain Ketua STMIK Amikom Yogyakarta Prof Dr M Suyanto MM, Dosen Sejarah FIB UGM Dr Sri Maragana dan Diretur Yayasan Anak Bangsa Mandiri yang juga Anggota Dewan Pendidikan DIY Drs Aulia Reza Bastian MHum.

Aulia Reza mengatakan, dengan mempelajari sejarah lokalnya, para generasi muda akan tahu tentang masa lalu mereka, sehingga memunculkan kebanggaan dan membentuk karakter (budi pekerti luhur). "Semakin jauh generasi muda terlibat dalam eksplorasi sejarah lokal, semakin tinggi pula jati diri dan kebanggaan akan masa lalu kelompok, daerah dan kebudayaannya," katanya.

Sri Margana mengatakan, penulisan sejarah lokal memberikan kontribusi penting untuk memperkaya khasanah sejarah nasional, sehingga perlu dikembangkan dengan melibatkan peran aktif berbagai kalangan. Sedangkan Prof Suyanto menuturkan, sejarah lokal dapat disajikan dalam bentuk film animasi seperti 'Battle of Surabaya' yang menceritakan sejarah pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Banyak manfaat yang didapat di antaranya membangun karakter pemuda yang tangguh serta meningkatkan daya saing bangsa. (R-2)

BERITA REKOMENDASI