Gereja Imbau Umat Tak Bawa Ransel Saat Misa Natal

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Gereja-gereja di wilayah DIY mengeluarkan himbauan bagi umat Kristiani yang ingin beribadah Natal untuk tak membawa ransel atau tas pinggang. Hal tersebut dilakukan sebagai antisipasi gangguan keamanan yang mungkin terjadi di puncak perayaan Hari Lahir Yesus tersebut.

Anggota Komisi A DPRD DIY, Stevanus Christian Handoko mengatakan pihaknya melakukan kunjungan kerja ke beberapa lokasi salah satunya Gereja Antonius Kotabaru. Dikatakannya persiapan penyelenggara termasuk petugas keamanan dari kepolisian dan segala unsur lainnya berjalan sangat baik.

“Kami melihat persiapan berjalan dengan maksimal, polisi juga sudah melakukan penyisiran memastikan kondisi aman. Kami juga pantau hingga ke terminal Jombor Sleman untuk mengecek kesiapan keamanan menyambut orang datang ke Yogya atau yang berangkat ke luar kota,” ungkapya ditemui usai pemantauan Senin (23/12/2019).

Stevanus juga mengatakan bawasanya adanya himbauan gereja dirasa sangat masuk akal terlebih beberapa waktu terakhir masih ada oknum-oknum tak bertanggung jawab yang ingin melakukan aksi teror. Wilayah DIY termasuk salah satu yang menaruh kewaspadaan mengingat belum lama ini kepolisian Densus 88 mengamankan terduga teroris di wilayah Berbah Sleman.

“Saya sangat setuju dengan adanya himbauan tak membawa ransel saat ke gereja. Ini tindakan preventif yang baik, pihak gereja juga menerapkan pengamanan sangat baik. Saya pikir himbauan tersebut sangat masuk akal terlebih dengan kondisi yang terjadi beberapa waktu belakangan,” ungkap politisi PSI ini.

Tim Penjinak Bom Gegana Polda DIY hari ini juga mulai melakukan penyisiran di gereja-gereja wilayah DIY. Polisi berupaya memastikan keamanan kondisi bagi umat Kristiani yang hendak melakukan ibadah Natal.

Kepala Pos Pengamanan Gereja Kotabaru, Iptu Darmaja mengatakan paling tidak 30 personil disiagakan selama masa ibadah Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Kotabaru sendiri menjadi salah satu pusat ibadah bagi umat Kristiani mengingat gereja tersebut terletak di lokasi strategis Kota Yogyakarta. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI