Gerobak Dorong Gantikan Peran Truk

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Keberadaan gerobak dorong cukup membantu prajurit dalam pelaksanaan pembangunan TMMD Reguler ke-101 Kodim 0734 Yogyakarta. Dengan alat bantu ini setidaknya puluhan batu maupun dapat diangkut dari tempat penurunan distribusi material untuk dibawa ke lokasi pembangunan. Hal ini dilakukan lantaran gang kampung yang berada di Kelurahan Pandean Kecamatan Umbulharjo cukup sempit sehingga mobil apalagi truk tak bisa menjangkau lokasi pembangunan.

Dengan sigap para prajurit mendorong gerobak tersebut menyusuri gang kecil perkampungan Kelurahan Pandean menuju bantaran Sungai Gajahwong tempat dimana proses pembangunan talud dikerjakan. Alat beroda satu yang murni mengandalkan tenaga manusia ini setidaknya mampu mengangkut hingga 50 kg untuk membawa material ke tempat tujuan.

Terasa berat memang, namun bagi seorang prajurit yang telah terlatih secara fisik hal itu tak menjadi soal. Pekerjaan inilah yang juga sudah akrab bagi prajurit terutama saat diberikan penugasan pembangunan di daerah-daerah terpencil.

“Gang di kampung Kelurahan Pandean memang cukup sempit, hanya selebar kurang lebih 3 – 4 meter saja. Hal itu membuat truk atau mobil tak bisa mencapai lokasi pembangunan, sehingga untuk melangsir material kami memanfaatkan berobak tersebut,” ungkap Pasi Teritorial (Pasiter) Kodim 0734 Yogyakarta Kapten (Inf) Rino Tri Widodo, Minggu (01/04/2018).

Kesulitan akses jalan itu ditegaskan Rino tak jadi penghalang dalam pengerjaan pembangunan. Seluruh tahapan pembnagunan dilalui dengan baik sehingga semuanya dipastikan dapat selesai sesuai waktu yang ditetapkan.

“Prajurit dalam melakukan pengerjaan itu sangat terukur, baik dari segi maupun hasil akhir nantinya. Jika apa yang sudah ditetapkan maka hal itulah yang harus dicapainya walau harus menemui halangan apapun,” jelasnya.

Guna menunjang pengerjaan pembangunan dalam TMMD Reguler ke-101 Kodim 0734 Yogyakarta yang dipusatkan di Kelurahan Pandean Kecamatan Umbulharjo ini setidaknya ratusan gerobal dorong disediakan di lokasi. Gerobak-gerobak tersebut ada yang memang dalam kondisi baru maupun inventaris lama milik Kodim Yogyakarta yang selama ini berada di gudang dan dipergunakn dalam setiap karya bhakti. (Van)

BERITA REKOMENDASI