GKR Hemas Akan Terus Perjuangkan Kewenangan DPD

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas kembali mencalonkan diri sebagai anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI periode 2019-2024. GKR Hemas merasa masih banyak hal yang perlu diperjuangkan bagi DIY maupun nasional melalui jalur perwakilan daerah, sehingga dirinya terpanggil untuk mencalonkan kembali.

Menurut GKR Hemas, dalam proses legislasi, kewenangan DPD RI masih sangat terbatas yaitu hanya bisa mengajukan dan membahas rancangan undang-undang, namun tidak diikutkan dalam pengambilan keputusan bersama DPR RI. Demikian juga dalam fungsi penganggaran dan pengawasan.

"Masih perlu perjuangan untuk menguatkan kewenangan dan kemandirian DPD RI sebagai lembaga yang murni memperjuangkan kepentingan daerah," terang GKR Hemas dalam acara 'Energy for 28' yang digelar relawan pendukung GKR Hemas di Kompleks Gedung Mandala Bhakti Wanitatama Yogyakarta, Kamis (28/03/2019).

Menurut Hemas, membangun masyarakat Yogyakarta agar tetap istimewa, tidak cukup dari sisi ekonominya saja, namun perlu didukung percepatan pembangunan infrastruktur dan peningkatan kualitas sumber daya manusia yang berkarakter unggul. "Perjuangan lainnya adalah mengkomunikasikan antara pusat dan daerah, agar tercipta percepatan pembangunan yang akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan rakyat," ujarnya.

Hal lain yang akan terus diperjuangkan oleh GKR Hemas yaitu memantau dan memberi saran implementasi UU Nomor 13 Tahun 2012 tentang Keistimewaan DIY agar sesuai dengan tujuannya untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Memantau implemetasi UU Desa agar betul-betul bermanfaat bagi masyarakat desa.

Tak lupa GKR Hemas mengajak kepada tim relawannya untuk tetap bekerja dengan cerdas dan cantik, tanpa mengusik calon lain dan mengedepankan kerja intelektual. Di akhir acara, sekitar 500 relawan mendeklarasikan dukungannya kepada GKR Hemas dan berkomitmen untuk menjaga kearifan selama kampanye. (Dev)

BERITA REKOMENDASI