Gojek-Tokopedia Gabung Jadi “GoTo”, Ini Bidang yang Disasar

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Sejak Senin (17/5/2021) kemarin, ramai diperbincangkan kolabs dua perusahaan startup besar Indonesia yakni Gojek dan Tokopedia. GoTo, begitu konsorsium besar tersebut kini disebut.

Grup GoTo, kini mengklaim sebagai grup teknologi terbesar di Indonesia yang menjadi ekosistem yang berharap jadi andalan masyarakat dengan menyediakan berbagai solusi untuk menjalani keseharian (“go to” ecosystem for daily life). GoTo menyatukan kekuatan dua perusahaan teknologi besar di Indonesia yang menciptakan ekosistem unik dan saling melengkapi secara global mengombinasikan layanan e-commerce, pengiriman barang dan makanan, transportasi serta keuangan.

Andre Soelistyo dari Gojek akan memimpin GoTo sebagai CEO Group, Patrick Cao dari Tokopedia didapuk sebagai Presiden GoTo. Sedangkan, Kevin Aluwi akan tetap menjabat sebagai CEO Gojek dan William Tanuwijaya akan tetap menjadi CEO Tokopedia.

Selain tanggung jawab di tingkat grup, Andre juga akan terus memimpin bisnis pembayaran dan layanan keuangan yang dinamakan GoTo Financial. GoTo Financial mencakup layanan GoPay serta layanan keuangan dan solusi bisnis mitra usaha. Berdasarkan putaran penggalangan dana Gojek di tahun 2019 dan Tokopedia di awal tahun 2020, total valuasi dari kedua perusahaan tersebut adalah US$18 miliar.

Andre Soelistyo, CEO GoTo, mengatakan, dibentuknya Grup GoTo menandai fase pertumbuhan selanjutnya bagi Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial. Mitra driver Gojek akan memiliki peluang pendapatan yang lebih besar antara lain dengan mengirimkan lebih banyak pesanan dari pengguna Tokopedia, sementara penjual dan mitra merchant dari berbagai skala bisnis akan mendapatkan berbagai manfaat dan kesempatan untuk meningkatkan usahanya.

“Hadirnya Grup GoTo juga akan memungkinkan kami untuk semakin mendorong inklusi keuangan di Indonesia dan Asia Tenggara. Bagi konsumen, Grup GoTo akan hadir semakin dekat untuk memberikan lebih banyak solusi dan kemudahan dalam keseharian mereka. Ini adalah langkah selanjutnya dari perjalanan yang luar biasa,” ungkapnya melalui rilis resmi pada KRjogja.com.

BERITA REKOMENDASI