G&R Cycling Club Rayakan Hari Lahir Pancasila dengan Gowes

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Peringatan Hari Lahir Pancasila dirayakan oleh GUYUB & RUKUN (G&R) Cycling Club, Selasa (1/6/2021) kemarin. Mereka bergowes dengan rute 15 kilometer menyusuri Kota Yogyakarta dan Sleman melewati dua universitas yakni UGM dan UNY.

Peserta gowes dibatasi 15 orang, turut ikut dalam rombongan Hilman Tisnawan (Kepala BI DIY), Jimmy Parjiman (Kepala OJK DIY), Singgih Rahardjo (Kepala Dispar DIY), Wawan Harmawan (Waketum Kadin DIY), Amirullah Setya Hardi (Waketum ISEI DIY), Rudy Badrudin (Waketum Kafegama DIY), Bakti Wibowo (BPPT DIY) dan Kelik Endro Suryono (Dekan FH UWM). Mereka meluncur dari Ndalem Karangwaru Lor, kediaman Edy Suandi Hamid (Rektor UWM).

Rute berjarak sekitar 15 km, dari Karangwaru Lor menuju Kampus UGM Bulaksumur terus melewati Kampus UNY Karangmalang. Selanjutnya ke utara melewati jalan Gejayan, kemudian belok kiri menyusuri Selokan Mataram. Sampai di jalan Magelang terus menyusuri Selokan Mataram sampai jalan Kabupaten. Kemudian kebali ke arah timur melewati jalan Jambon dan kembali ke Karangwaru Lor.

​“Acara nggowes ini dapat disebut Nggowes Pancasila karena pesertanya merepresentasikan keberagaman dari berbagai latarbelakang pofesi, agama dan suku. Ada profesi akademisi, pemerintahan, otoritas moneter, otoritas perbankan, pengusaha dan pensiunan, lalu juga dari agama Islam (Muhammadiyah dan NU), Katolik dan Kristen kemudian ada berbagai suku dari Sumatera Selatan, Jawa (Jogja, Solo, Banyumas), serta Sunda,” ungkapnya dalam pernyataan tertulis, Rabu (2/6/2021).

​Sebelum start, para peserta terlebih dahulu melakukan doa bersama dan penghormatan kepada “Sang Saka Merah Putih”. Sampai di depan Kampus UGM, seluruh peserta mengucapkan “Pancasila” dan menyanyikan lagu “Garuda Pancasila”.

BERITA REKOMENDASI