Grand Design Guru Mendesak Direalisasikan

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Keberadaan grand design guru secara nasional sangat penting dan mendesak bagi kesejahteraan dan peningkatan mutu guru. Karena itu adanya usulan agar pemerintah segera membuat grand design guru secara nasional harus segera direalisasikan. Mengingat persoalan kompetensi guru masih menjadi problematika dunia pendidikan yang tidak mudah dituntaskan.

“Soal adanya usulan grand design sah- sah saja, meskipun saya berkeyakinan tidak mudah. Karena untuk dapat dilaksanakan oleh pemerintah, bukan kerja keras. Mengingat persoalan pendidikan kita saat ini masih sangat kompleks. Terutama kebutuhan guru profesional sebagai kebutuhan primer pendidikan kita belum bisa dipenuhi,” kata Ketua Dewan Pendidikan Kota Yogyakarta, Dr Ariswan.

Ariswan mengatakan, apabila grand design guru bisa diwujudkan, pemerataan akses kualitas pendidikan nasional lebih mudah diwujudkan. Hanya saja berdasarkan pengalaman yang ada sulit untuk dibumikan. Karena sistem otonomi yang telah dipakai sebagai sistem pemerintah memiliki kepentingan yang sulit disamakan.

“Komitmen daerah untuk memberikan fasilitasi menuju sekolah unggul belum dimiliki oleh semua daerah. Hal ini terlihat dari sistem penganggaran bidang pendidikan beberapa daerah masih jauh dari tuntutan Undang-undang,” tambahnya.

Terpisah anggota Dewan Pendidikan DIY Drs Timbul Mulyono MPd menyatakan, grand desain guru tidak mudah karena menggunakan kurun waktu. Penggunaannya disesuaikan dengan perkembangan dan perubahan pendidikan, atau bidang lain misalnya Iptek, ekonomi dan sosial dan budaya.

Menurut Timbul, sifat baku grand desain tidak dapat bersifat abadi. Sebab sesuai dengan perubahan waktu, perkembangan zaman, apabila baku abadi, akan ketinggalan zaman. Jadi menurutnya, grand desain sebaiknya tetap melihat perkembangan. Jika perlu perubahan ya diubah. Grand desain menggunakan batasan waktu. (Ria/War)

BERITA REKOMENDASI