Gubernur DIY Tunjuk Sekda Tiga Kabupaten Sebagai Plh Bupati

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Gubernur DIY menunjuk Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sleman, Bantul dan Gunungkidul sebagai Pelaksana Harian (Plh) Bupati setempat. Penunjukan Plh Bupati Sleman, Bantul dan Gunungkidul ini guna mengisi kekosongan jabatan Bupati sampai dengan dilantiknya pejabat Bupati dan Wakil Bupati terpilih.

“Pak Gubernur akan menyerahkan Surat Keputusan (SK) Gubernur tentang penunjukan Plh Bupati Sleman, Bantul dan Gunungkidul di Gedhong Wilis Kepatihan hari ini Rabu (17/2). Pak Gubernur sekaligus akan memberikan arahan dan pesan nantinya,” ujar Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji di Bangsal Kepatihan, Selasa (16/02/2021).

Baskara Aji mengatakan penyerahan SK Gubernur DIY ini menindaklanjuti Surat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia Nomor 120/738/OTDA tanggal 3 Februari 2021 hal Penugasan Pelaksana Harian Kepala Daerah. Hal ini untuk menjamin kesinambungan penyelenggaraan Pemerintahan di Daerah yang Bupati/Wali kota yang masa jabatannya berakhir pada Februari 2021 dan tidak ada sengketa perselisihan hasil pemilihan Kepala Daerah di Mahkamah Konstitusi (MK).

“Plh Bupati yang ditunjuk merupakan pejabat Eselon II A yaitu Sekda masing-masing kabupaten. Plh Bupati ini tidak perlu dilantik, cukup diserahkan SK Gubernur saja. Hanya saja Pak Gubernur mempunyai tanggung jawab untuk menyampaikan pesan-pesan perihal ketugasan kepada Plh Bupati yang telah ditunjuk,” tambahnya. (Ira)

BERITA REKOMENDASI