Gugus Penanganan Sebut Pasien Positif Covid-19 DIY Dalam Kondisi Baik – Sedang

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Tiga tambahan kasus positif Covid-19 terkonfirmasi di DIY, Selasa (21/04/2020) sehingga secara kumulatif menjadi 72 kasus. Namun begitu, diketahui pula dua pasien dinyatakan sembuh setelah sebelumnya dinyatakan positif.

Juru bicara gugus penanganan Covid-19 DIY, Berty Murtiningsih mengungkap tambahan tiga kasus terkonfirmasi hari ini dari Gunungkidul dan Kota Yogyakarta. Menurut Berty, pasien positif diketahui memiliki kontak positif dengan pasien asal Gunungkidul lainnya meski saat ini tracing masih terus dilakukan.

“Penambahan kasus terkonfirmasi laboratorium positif Covid-19 pada hari ini tanggal 21 April 2020, ada 3 kasus sehingga jumlah kasus covid 19 di DIY sebanyak 72 kasus. Kasus 72 Laki-laki 50 tahun warga Gunung Kidul, Kasus 73 Perempuan 73 tahun warga Gunungkidul dan Kasus 74 Laki-laki 54 tahun warga Kota Yogyakarta,” tandas Berty.

Kasus dari Gunungkidul menurut dia diketahui sempat melakukan kontak dengan pasien positif. “Info lengkap belum kami terima dari Dinas Kesehatan Gunungkidul, tetapi dari info sementara adalah hasil tracing kontak positif salah satu kasus di Gunungkidul,” sambungnya.

Sementara dua kasus sembuh diketahui sembuh yakni kasus 54 Laki-laki 56 tahun warga Kota Yogyakarta dan kasus 61 Perempuan 54 tahun warga Sleman. Berty menjelaskan sampai saat ini secara keseluruhan ada 35 kasus yang belum dinyatakan sembuh meski kondisi pasien sudah baik.

“Kondisi pasien positif ini pada umumnya baik dan sedang, tapi untuk menentukan kesembuhan tidak hanya dari segi fisik tapi juga hasil lab dua kali negatif. Ada beberapa hasil evaluasi yang masih negatif dan positif dalam satuan waktu pengambilan sampel, maka masih disimpulkan sebagai kasus positif (belum sembuh),” tandas Berty.

Hari ini diketahui pula jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang meninggal bertambah satu orang. Seorang perempuan 71 tahun warga Sleman meninggal dunia dengan diagnosa Diabetes Melitus dan Gagal Ginjal. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI