Guru Besar Fisipol UGM Prof Cornelis Lay Tutup Usia

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Guru Besar Fisipol UGM Prof Dr Cornelis Lay MA meninggal dunia di Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta, Rabu (05/08/2020) pukul 04.00 WIB pada usia 61 tahun. Cornelis meninggalkan seorang istri dan dua anak.

Jenazah dimakamkan hari ini, Kamis (06/08/2020) pukul 14.00 WIB di makam UGM Sawitsari Sleman. Sebelumnya disemayamkan di Balairung UGM pukul 13.00 WIB. Berangkat dari rumah duka Perum Cemara Blok F-13 Krodan Maguwoharjo Depok Sleman, pukul 12.00 WIB.

Di mata Dekan Fisipol UGM Prof Dr Erwan Agus Purwanto, Cornelis yang sering disapa Cony atau CL adalah sosok egaliter yang dekat dengan semua orang, terutama anak muda. Meskipun beliau punya reputasi nasional dan seorang guru besar, tapi tetap bersahaja. “Karena saking dekatnya, kami memanggil beliau mas, bukan Prof,” terang Erwan kepada KRJOGJA.com, Rabu (05/08/2020).

Selain itu Cornelis punya jiwa nasionalis yang tinggi. Konsernnya selalu memikirkan bagaimana Indonesia yang sangat majemuk ini supaya bisa tetap bersatu. Bagaimana menerjemahkan pemikiran maupun gagasan para pendiri bangsa di awal-awal Indonesia berdiri untuk bisa direalisasikan saat ini. “Setiap berdiskusi, itu yang menjadi pemikiran-pemikiran beliau,” tuturnya.

Cornelis juga sosok guru yang telaten, berdedikasi dan dicintai mahasiswa. Di kalangan dosen, Cornelis dikenal sangat peduli, dengan selalu mendorong dosen-dosen muda untuk menulis di jurnal internasional. Beliau juga selalu bersedia untuk membaca tulisan-tulisan dari para dosen muda, mereview dan memberi masukan. (Dev)

BERITA REKOMENDASI