Guru DIY Punya Kesempatan Sekolah ke Jenjang Lebih Tinggi

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Kualitas dan kompetensi guru dinilai menjadi dua faktor penting yang harus ditempuh untuk mewujudkan pendidikan berkualitas yang dampaknya jelas bagi kecerdasan anak bangsa. Wacana untuk menyekolahkan guru-guru di DIY ke jenjang yang lebih tinggi pun menjadi salah satu cara untuk memastikan kualitas dan kompetensi. 

Setidaknya inilah yang mencuat dalam dialog Forum Diskusi Bidang Pemerintahan: Strategi Peningkatan Kualitas, Kompetensi dan Kesejahteraan Guru Perspektif Kepegawaian di DPRD DIY, Kamis (29/3/2018) kemarin. Diskusi tersebut dilaksankan bersama dengan perwakilan guru dari Kota Yogyakarta, Bantul, Gunungkidul, Sleman dan Kulonprogo. 

Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY mengungkap saat ini harus ada kesepakatan untuk meningkatkan kesejahteraan serta kompetensi dan kualitas guru. Hal ini menurut Eko menjadi alasan kemudian Komisi A mendukung Pemda DIY memberikan beasiswa bagi guru. 

“Guru yang masih D3 bisa dikuliahkan S1, yang S1 ke S2, demikian pula yang S2 menjadi S3. Kita harapkan program beasiswa ini bisa dilaksanakan tahun anggaran 2018, pemda sebelumnya harus melakukan pemetaan potensi guru dan memberikan beasiswa sesuai kemampuan keuangan daerah,” ungkapnya. 

Sukanto, salah satu perwakilan guru menilai usulan tersebut menjadi harapan besar bagi dia dan ribuan guru lainnya di wilayah DIY. Meningkatnya kompetensi dirasa bakal berbanding lurus dengan kesejahteraan para guru. 

“Harapan kami, agar bisa sejahtera seiring dengan peningkatan kompetensi. Kesejahteraan bisa diberikan didasarkan pada basis kinerja,” ungkapnya. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI